Lombok Destinasi Ideal untuk Ajang Bersepeda

PANITIA BERSEPEDA. (hms for radarlombok.co.id)

MATARAM—Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menaruh perhatian pada penyelenggaraan kegiatan sepeda internasional, Enduro 2020. Pemprov NTB siap mendukung kegiatan yang akan menjadi salah satu promosi wisata di NTB ini. Penyelenggara kegiatan pun menilai Lombok adalah tempat ideal untuk bersepeda. Bahkan, peserta kegiatan bersepeda di Lombok merasa kerasan.

Hal itu terungkap ketika Wagub NTB menerima audiensi dari komunitas sepeda Lombok Enduro Adrenaline Forum (LEAF) di pendopo Wakil Gubernur NTB, Jumat (31/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Ummi Rohmi menegaskan, Pemprov NTB mendukung setiap kegiatan positif yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitas di NTB. Menurut wagub, kegiatan sepeda internasional Enduro tersebut akan membantu mempromosikan NTB.

“Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Saya mengapresiasi event internasional ini, semoga event tersebut bisa mempromosikan daerah, mempromosikan wisata, memperkenalkan budaya, serta menggairahkan desa wisata yang ada di NTB ini,” ujar Ummi Rohmi.

loading...

Di NTB ini, lanjut Ummi Rohmi, keindahannya sangat beragam, mulai dari pantai, gunung, kuliner, desa dan sebagainya. Tidak hanya itu, event-event seperti sepeda dan MotoGP tersebut harus kita sukseskan bersama demi daerah tercinta.  Dan semua kegiatan itu harus memberdayakan masyarakat.

“Kita harus tunjukkan kepada dunia, bahwa wisata di NTB ini tidak hanya ramah untuk keluarga, tapi juga wisata di NTB Ini, sangat cocok untuk bersepeda,” tegasnya.

Sebelumnya, Eko Anugraha selaku EO pada Event Internasional tersebut menyampaikan bahwa, komunitas-komunitas sepeda gunung di NTB ini sangat banyak. Hanya saja, kegiatan-kegiatan sepeda berskala internasional masih minim di daerah kita.

“Banyak sekali komunitas-komunitas sepeda di NTB, tapi event untuk menyalurkan hobi tersebut tidak ada disini, kalo mau ikut lomba, kita harus ke luar daerah, bahkan ke luar negeri,” ungkapnya.

Eko melanjutkan, kegiatan ini dihajatkan untuk memperkenalkan keindahan NTB khususnya Lombok, dalam kegiatan tersebut tentunya panitia akan menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar.

Target kami, lanjut Eko, pesertanya berjumlah seribu orang, mulai dari atlet hingga yang hanya hobi bersepeda. “Pesertanya dari Internasional dan lokal juga, untuk yang lokal kami sediakan namanya Event Challenge, untuk kelas internasional itu bagian dari seri dunia,” tambahnya.

Event internasional tersebut akan diselenggarakan pada bulan Juli 2020 dengan mengambil rute Kawasan Wisata Rinjani dan untuk treknya tidak termasuk hutan konservasi. “Alhamdulillah kami bersyukur, sudah banyak yang menyatakan diri untuk ikut serta pada event tersebut, mulai dari kelas Internasional hingga lokal,” tutupnya.

Sementara itu, Indra Ghrawita Sujud Sudradjat Zila, selaku Departemen Promosi Sepeda Polygon, yang menjadi salah satu sponsor pada kegiatan internasional tersebut bersama teamnya telah melakukan survei lokasi event sepeda Internasional ini. Menurutnya, Lombok adalah salah satu daerah yang paling bagus untuk bersepeda.

“Kita akan memfasilitas orang- orang yang bersepeda untuk menikmati wisata dan kuliner yang ada di Lombok. Lahan untuk bersepeda juga sangat bagus, rasanya kami tidak mau pulang dari Lombok ini,” tutupnya. (hms/sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid