Lomba PHBS Tingkat NTB Digelar

TANJUNG-Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat NTB digelar di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Penilaiannya pun dilakukan Rabu (28/9) kemarin secara langsung oleh Tim Penggerak (TP) PKK NTB, dalam hal ini diwakili, Hj Syamsiah Amin, yang juga istri Wakil Gubernur NTB.

Dalam penerimaan tim penilai ini sendiri, Ketua TP-PKK KLU, Hj. Rohani Najmul Akhyar yang juga istri Bupati KLU, Najmul Akhyar hadir di Aula Kantor Bupati. Diterangkan Rohani, ada lima mata lomba untuk PHBS. Di antaranya diwakili oleh Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang, Desa Sokong Kecamatan Tanjung, Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan dan lainnya. “Saya haturkan banyak terima kasih kepada semua unsur dari Pemerintah Kabupaten Lombok Utara yang telah memberikan support kepada kami dalam pelaksanaan lomba kali ini. Kami dari tim PKK Kabupaten mendukung semua program pemerintah dalam segala segi dan kami akan terus bersinergi sehingga antara PKK dan Pemda akan terus berjalan dengan baik,” jelasnya.

Berkaitan dengan PHBS sendri diterangkannya, PHBS sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan itu dapat dimulai dari keluarga, guna menjaga keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat.

Rohani pun berharap agar para kader PKK tetap berperan aktif dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk melakukan PHBS, sehingga nantinya seluruh masyarakat KLU bisa berperilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian dalam lomba ini diharapkan agar segala usaha yang telah dilakukan oleh para kader PKK dan seluruh masyarakat KLU tidak sia-sia dan dapat membuahkan hasil yang membanggakan, yakni mendapat juara di tingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat Nasional.

Hj. Syamsiah Amin sendiri dalam sambutannya mengatakan, para kader PKK desa merupakan penyampai pesan pembangunan dari PKK Kabupaten, sehingga diharapkan dapat memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang PHBS kepada masyarakat sampai nantinya masyarakat tersebut bisa mandiri dan berkomitmen untuk PHBS. “Keberhasilan pembangunan pemerintah provinsi dan kabupaten tidak akan pernah terlepas dari kegiatan dan program-program PKK , GOW serta Dharma Wanita. PKK harus terus bisa menyampaikan pesan pemerintah kepada masyarakat tentang program-program pemerintah melalui pemberdayaan keluarga,” terangnya.

Dalam kesempatan ini pula, hadir Wakil Bupati KLU, Sarifudin. Diterangkannya, selama ini PKK sangan membantu pemerintah. Apa yang telah di lakukan oleh PKK sangat diapresiasi. Sehingga ke depannya dengan adanya PKK yang membantu program-program berbagai sektor dan salah satunya KB dan program pemberdayaan perempuan, diharapkan akan memberikan dampak yang positif dan bermakna bagi keberhasilan program pemerintah yang telah dilakukan selama ini. (zul)