Lomba Mewarnai Kaligrafi Meriahkan Pesona Ramadan

MATARAM—Puluhan peserta Lomba Mewarnai Kaligrafi tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) se Kota Mataram, Rabu kemarin (22/6), turut memeriahkan perhelatan kepariwisataan NTB, Pesona Ramadan Lombok Sumbawa, yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, bertempat di Taman Budaya NTB.

“Ada dua kegiatan yang menjadi tanggung jawab Museum NTB untuk memeriahkan Pesona Ramadan Lombok Sumbawa. Hari pertama (kemarin, red) kita gelar Lomba Mewarnai Kaligrafi tingkat TK dan SD se Kota Mataram. Sedangkan besok (hari ini, red), kita selenggarakan Lomba Lukis Kaligrafi yang diikuti oleh para siswa/siswi tingkat SMA,” kata Kepala Museum NTB, Baiq Rahmayati, ketika dijumpai Radar Lombok di sela kegiatan kemarin.

Untuk Lomba Mewarnai Kaligrafi jelas Maya, diikuti 35 peserta murid TK, dan 50 peserta siswa/siswi SD. “Sedangkan untuk Lomba Lukis Kaligrafi besok, yang telah mendaftar ikut lomba di Museum NTB ada sebanyak 60 siswa/siswi SMA se Pulau Lombok,” jelas Maya.

Baca Juga :  Perwakilan Lotim Belum Jelas

Namun jumlah peserta yang 60 orang siswa itu bisa saja nanti bertambah, lanjut Maya. “Karena seperti pada lomba mewarnai kaligrafi hari ini, yang mendaftar di Museum NTB sedikit, namun begitu pelaksanaan banyak yang mendaftar di lokasi kegiatan,” papar Maya.

Disampaikan, kalau pada ajang serupa di Museum NTB tahun lalu peserta Lomba Lukis Kaligrafi rata-rata adalah para profesional, maka gelaran kali ini sengaja menyasar para pelajar SMA. “Harapannya, selain hendak memberikan kesempatan para pelajar menyalurkan minat dan bakatnya di bidang seni lukis. Juga agar ada regenerasi para seniman lukis NTB,” beber Maya.

Terpenting, kalau biasanya para remaja (pelajar) menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit, mereka banyak yang membuang waktu dengan kegiatan yang sia-sia seperti kebut-kebutan di jalan. Maka dengan adanya Lomba Lukis Kaligrafi tingkat pelajar SMA ini bisa menjadi kegiatan yang positif. Selain tentunya belajar seni keislaman melalui karya lukis kaligrafi.

Baca Juga :  Syeikh Palestina Safari Ramadan ke Pemkot Mataram

Demikian pula dengan Lomba Mewarnai Kaligrafi tingkat TK dan SD, niatan utamanya adalah untuk mendidik dan mengenalkan sejak usia dini keberadaan seni lukis kaligrafi kepada anak-anak. “Tentu saja pengenalan yang dilakukan juga disesuaikan dengan usia mereka yang memang masih anak-anak, melalui kegemarannya mewarnai gambar kaligrafi,” ucap Maya.

Untuk masing-masing kategori lomba, yaitu Lomba Mewarnai Kaligrafi tingkat TK, dan SD, serta Lomba Lukis Kaligrafi Tingkat SMA, pihak panitia akan memberikan penghargaan berupa piagam, piala, dan sejumlah uang pembinaan kepada para pemenang 1,2 dan 3, serta harapan 1,2 dan 3. “Penyerahan hadiah kepada para pemenang akan dilakukan pada hari terakhir kegiatan Pesona Ramadan Lombok Sumbawa, atau malam penutupan tanggal 26 Juni mendatang di Taman Budaya NTB,” pungkas Maya. (gt)

Komentar Anda