Lomba KSM Tingkat Provinsi Diikuti oleh 110 Siswa

LOMBA KSM; Lomba KSM tingkat Provinsi resmi Dibuka oleh Kabag TU Kanwil Kemenag NTB di Aula Asrama Haji. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM- Jajaran Kantor Wialayah (Kanwil) Kemenag NTB resmi membuka lomba Kopetensi Sains Madarasah (KSM) yang diikuti oleh 110 siswa terbaik MI, MTs dan MA Swasta dan Negeri dari berbagai Kabupaten dan Kota di NTB. Ajang tersebut akan berlangsung selama 2 hari untuk menentukan 11 siswa yang akan mewakili NTB menuju tingkat Nasional pada Agustus 2017 mendatang.

Pada ajang tersebut, kegiatannya langsung di buka oleh Kabag TU Kanwil Kemenag NTB Sirojuddin sekitar pukul 17.15 di Asrama Haji Selasa 23 Mei 2017.

Disela pembukaannya, ia menyampaikan bahwa siswa dari kalangan Madarasah juga harus mengetahui ilmu umum seperti Sains. Agar para siswa madarasah tidak melulu memahami hanya ilmu Agama saja. Dengan demikian ajang ini merupakan kesempatan emas para siswa untuk membuktikan kemampuannya pada bidang sains. “Siswa madarasah juga harus lebih faham dengan ilmu sains, agar berimbang antara ilmu agama dan ilmu umum yang dimiliki,” Kata Sirojudin.

Dari 110 siswa yang mewakili kabupaten dan kotanya ini ia meyakini bahwa mereka adalah yang terbaik di daerahnya. Sebab sebelumnya mereka sudah diseleksi dengan ketat sehingga bisa menjadi yang terbaik di daerahnya. Namun pesannya, jangan lantas hal itu membuat para siswa bangga dan merasa puas. Sebab masih banyak seleksi yang harus ditempuh agar menjadi yang lebih baik di tingkat provinsi.

Seperti yang akan dilalui mereka saat ini, tentu para siswa yang banyaknya 110 tersebut harus membuktikan kemampuannya selama berada di lokasi Lomba. Sebab saingan mereka sama sama yang terbaik di berbagai daerah, dari Kota Bima hingga Kota Mataram semuanya sama sama yang tebaik di daerahnya. “Mereka kan sama sama terbaik di Kabupaten dan Kotanya masing masing, tentu akan ada persaingan yang ketat nantinya sebelum dinyatakan lolos menuju tingkat Nasional,” Tambahnya.

Sementara itu Kasi Kesiswa Kemenag NTB Sekaligus Panitia Lomba Khairul Hadi mengatakan, setiap Kabupaten dan Kota yang ada di NTB dijatahkan mengirim 11 siswa dari jenjang MI, MTs dan MA. Adapun rincian untuk siswa MI yang dikirim sebanyak 2 siswa, MTs 3 Siswa dan MA 6 Siswa. Masing masing dari jumlah tersebut untuk Siswa MI mengikuti lomba sains Matematika dan Biologi, sementara MTs Matematikan, Biologi dan Fisika, kemudian untuk jenjang MA Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomidan Geografi.

Dari sekian banyak jenis lomba yang akan diikuti siswa sesuai jenjangnya tersebut, nanti pada seleksi akhir pihak Kemenag hanya akan mengambil 11 siswa untuk mewakili NTB melaju ke tingkat Nasional di Jogjakarta pada Bulan Agustus Mendatang. Ini artinya, seleksi yang akan dilakukan pihaknya akan semakin ketat, karena akan tetap merujuk pada 11 Mata Pelajaran Sains itu itu sendiri baik dari MI sampai MA, “Akan lebih ketat lagi seleksi kita nantinya, dari 110 siswa, kita hanya akan ambil 11 siswa saja,” Tutupnya (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid