Lomba Kampung Sehat Sukses Turunkan Penyebaran Covid-19

ANEV: Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dan Kapolda NTB, Irjen Pol. Muhammad Iqbal S.I.K.,M.H, dan Kasrem IGD Kariawan, ketika menghadiri kegiatan analisa dan evaluasi (Anev) Lomba Kampung Sehat yang dilaksanakan Polda NTB. (dispar for radarlombok.co.id)

MATARAM—Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Drs Lalu Hasbulwadi, M.Pd, menghadiri kegiatan analisa dan evaluasi (Anev) Lomba Kampung Sehat di Mapolda NTB, dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Provinsi NTB.

Kegiatan yang berlangsung di Polda NTB itu diikuti secara virtual oleh Polres se kabupaten/kota NTB, serta dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Kapolda NTB, Irjen Pol. Muhammad Iqbal S.I.K.,M.H,  Kasrem, IGD Kariawan, dan perwakilan dari kepala dinas lainnnya.

Kegiatan Lomba Kampung Sehat ini, Polda NTB berkoordinasi dengan Polres kabupetan/kota se NTB. Sehingga sejak dilaunching pada 19 Juni 2020 lalu, seluruh Polres di Kabupaten/Kota Provinsi NTB bersama dengan aparat daerah setempat, telah melaksanakan program kampung sehat di wilayahnya.

Program yang telah berlangsung selama 3  bulan ini, secara keseluruhan memiliki dampak positif yang dapat mengurangi peningkatan penyebaran Covid-19 di masing-masing daerah.

“Sebagai contoh, dari hasil laporan pemaparan Kabupaten Lombok Timur sebelum diselenggarakan program kampung sehat tercatat sebanyak 47 desa yang menjadi titik penyebaran Covid-19. Namun setelah diberlangsungkannya program tersebut, titik penyebaran Covid-19 di masyarakat mengalami penurunan menjadi 29 desa,” kata Kapolres Lombok Timur, AKBP Tunggul Sinatrio, S.I.K., M.H, Rabu (2/9/2020).

Sementara Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah juga sangat mengapresiasi kepedulian Polda NTB terhadap permasalahan kesehatan yang tengah melanda Provinsi NTB. Karena program kampung sehat yang dicanangkan oleh Polda NTB ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

“Program ini bukan hanya berdampak pada kesehatan saja, namun juga berdampak pada pengembangan inovasi dan peningkatan perekonomian masyarakat. Jadi jika kampung sehat ini berjalan dengan baik, maka seluruh aspek juga akan membaik. Baik itu dari segi kesehatan, hingga perekonomian masyarakat,” ujar wagub NTB.

“Maka dari itu, mari kita sama-sama bersinergi untuk terus mengupayakan yang terbaik, mulai dari kampung kita sendiri untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan, dengan menjaga kebersihan dan kesehatan,” pungkas Wagub NTB. (gt)