Lomba Desain Poster Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid

Ada Peserta dari Luar Negeri

Lomba Desain Poster Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid
MENINJAU : Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi meninjau sejumlah hasil karya para peserta lomba desain poster pahlawan nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid di Gedung Sekretariat Islamic Center, Selasa kemarin (12/12). (HUMAS PEMPROV For Radar Lombok)

MATARAM – Lomba desain poster pahlawan nasional, Maulana Syeikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid yang diselenggarakan oleh Yayasan Sumbawa Bangkit (YSB) masuk menjadi bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) NTB ke-59 tahun. Apalagi kegiatan tersebut, disambut antusiasme yang tinggi oleh masyarakat hingga dari mancanegara.

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi mengaku sangat bangga dengan hasil-hasil karya desain poster TGKH Zainuddin Abdul Madjid. Lomba tersebut  sangat sesuai dengan tema HUT NTB yang bertajuk NTB Bertasyakur, dari NTB untuk Indonesia. “Lomba ini salah satu cara dari sekian banyak cara untuk mengekspresikan penghargaan besar masyarakat bagi Almagfurullah Maulana Syeikh (TGKH Zainuddin Abdul Madjid), yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional beberapa waktu yang lalu,” ucap gubernur saat  meninjau langsung sejumlah desain poster hasil Karya para peserta di Gedung Sekretariat Islamic Center, Selasa kemarin (12/12).

Lomba desain poster diikuti oleh 44 orang peserta, baik lokal maupun mancanegara. Peserta mancanegara ada yang berasal dari Jerman, Malaysia dan lain-lain. Banyak juga dari daerah lain di Indonesia turut serta ambil bagian dalam ajang tersebut.

Lomba desain poster pahlawan nasional dirangkai dengan pameran NTB Expo. Kegiatan NTB Expo itu sendiri dijadwalkan  akan berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 20 Desember di pelataran Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

BACA JUGA :  NTB Segera Miliki Pahlawan Nasional

Gubernur megajak masyarakat untuk mengapresiasikan kepahlawanan  TGKH Zainuddin Abdul Madjid  dengan kreativitas yang berbasis pada nilai-nilai kebaikan. “Saya sangat bangga dan kagum dengan adanya peserta dari luar negeri, itu artinya sosok Pahlawan Nasional Maulana Syeikh (TGKH Zainuddin Abdul Madjid) pengagumnya bukan saja dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri yakni Jerman dan Malaysia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur memberikan penghargaan kepada semua pihak, terutama anak-anak muda yang gigih dalam menyelenggarakan kegiatan lomba. “Ini adalah sebuah spirit bagi kita semua,” ujarnya.

Inisiator sekaligus ketua panitia lomba desain poster TGKH Zainuddin Abdul Madjid, Nurdin Ranggabarani menyampaikan, banyak hal yang dinilai dari sebuah  karya desain poster. Karya tersebut harus memenuhi kriteria  seperti originalitas, kesesuaian tema, konsep dan ide dasar desain, keunikan, inovasi, kreativitas desain, keindahan artistik dan nilai estetika, bobot pesan yang disampaikan, komunikatif dan mmudah dipahami.

Semua hal itu akan menjadi bahan penilaian dewan juri dalam menentukan pemenang lomba desain poster TGKH Zainuddin Abdul Madjid. “Bagi para pemenang  lomba akan memperoleh hadiah dengan total Rp 25 juta, piagam penghargaan, trophy dan souvenir,” terang Nurdin.

Yayasan Sumbawa Bangkit (YSB) menggelar lomba desain poster, sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasikan ditetapkannya TGKH Zainuddin Abdul Majid sebagai pahlawan nasional. Dari poster terbaik tersebut, nantinya akan diusulkan kepada kepada pemerintah pusat menjadi poster resmi TGKH Zainuddin Abdul Majid. ”Nanti dari hasil karya poster terbaik kita usulkan jadi poster resmi beliau kepada pemerintah pusat,” ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Megawati Lestari mengatakan, animo peserta  mengikuti lomba poster  pahlawan nasional TGKH Zainuddin Abdul Madjid terbilang cukup tinggi.

Sejak pendaftaran peserta dibukadari tanggal 10 November hingga 10 Desember, tercatat lebih dari 50 peserta sudah mendaftarkan hasil karya kepada panitia.” Hasil karya peserta kita terima  pun berasal dari luar negeri,” katanya.

BACA JUGA :  Akhirnya NTB Miliki Pahlawan Nasional

Poster pemenang dan 25 karya nominator akan diterbitkan dalam bentuk buku kumpulan poster pahlawan nasional TGKH Zainuddin Abdul Madjid yang berjudul ” Inspirasi Dari NTB, Untuk Indonesia dan Dunia”. Seluruh karya peserta lomba akan disimpan di Museum Literasi Cendikiawan Muslim NTB, TGKH Zainuddin Abdul Madjid di kompleks Islamic Center.” Pengumuman pemenang akan dilangsungkan tanggal 17 Desember atau bertepatan dengan puncak peringatan HUT NTB,” jelasnya.

Dikatakan, desain poster terbaik akan diusulkan menjadi poster resmi Pahlawan Nasional TGKH Zainuddin Abdul Madjid. Selain itu, duplikat karya poster akan dilelang untuk kegiatan amal, berupa beasiswa dan atau sumbangan perlengkapan serta seragam sekolah bagi anak – anak miskin, yatim piatu dan kaum du’afa.

Kegiatan itu akan diselenggarakan dalam suatu  kegiatan khusus, melalui lelang terbuka, 30 persen diberikan kepada pembuat karya poster dan 70 persen bagi kegiatan amal.” Jadi seluruh hasil karya peserta, menjadi hak milik panitia dengan tetap menghormati hak cipta,” terangnya.

Diharapkan, melalui even kreatif lomba desain poster tersebut  bisa mengajak dan menggugah seluruh masyarakat NTB dan Indonesia, untuk tergerak mengenal pahlawan nasional pertama dari NTB. ” Dengan even kreatif lomba ini kita ingin memasyaratkan dan menyebarluaskan kiprah perjuangan dan rekam jejak figur tokoh pahlawan nasional pertama dari NTB, TGKH Zainuddin Abdul Madjid, khususnya dikalangan generasi muda bangsa dan maayarakat luas umumnya,” kata sekretaris panitia, Dharojatun. (yan/zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid