Lomba Desa Tingkat Kabupaten Dimulai

Lomba Desa
DINILAI : Tim penilai mendengarkan laporan Kades Kayangan, Edy Kartono pada lomba desa tingkat kabupaten. (ISTIMEWA FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) kembali menyelenggarakan lomba desa tingkat kabupaten 2018. Penilaian lomba desa akan dilakukan secara bergiliran ke desa perwakilan di lima kecamatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP2KBPMD) KLU, H. Kholidi menyampaikan, pelaksanaan lomba desa tiap tahun ini diharapkan bisa meningkatkan perencanaan dan pembangunan di tingkat desa. “Lomba desa tingkat kabupaten kita sudah memulai, dan kami sudah menentukan jadwal,” ungkapnya saat ikut turun menilai Desa Kayangan Kecamatan Kayangan, Senin (30/4).

Dari 33 desa di lima kecamatan diwakili masing-masing satu desa, yaitu Kecamatan Pemenang diwakili Desa Gili Indah, Kecamatan Tanjung diwakili Desa Teniga, Kecamatan Gangga diwakili Desa Genggelang, Kecamatan Kayangan Desa Kayangan, Kecamatan Bayan Desa Anyar. “Desa yang mewakili digilir,” jelasnya.

Penilaian lomba desa terintegrasi dengan lomba posyandu dan lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Bagi desa yang lolos tahun ini maka akan mewakili KLU ke tingkat provinsi.

Karena itu, dia menyarankan semua desa harus senantiasa meningkatkan kinerja dalam membangun. Momentum lomba desa ini menjadi ajang penilaian untuk mengetahui sejauh mana kemajuan yang telah dijalankan setahun lalu. Karena pada setiap lomba desa yang perlu ditekankan adalah peningkatan, bukan menjadi juara semata.