Lomba Desa, Kades Lenting Lombok Timur Libatkan Pemuda

Pemerintah Desa Lenting bersama pemuda melakukan persiapan lomba desa. (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG–Desa Lenting dipercaya menjadi perwakilan desa di Kecamatan Sakra Timur untuk mengikuti lomba desa/kelurahan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kepala Desa Lenting H Marsawan menyampaikan, kepercayaan mewakili kecamatan ini harus diikuti dengan persiapan-persiapan agar Desa Lenting menjadi juara dalam lomba desa. “Kita sadar untuk bisa menjadi juara ini kita harus menyiapkan semuanya, dan itu tidak bisa kita lakukan sendiri, sehingga pemerintah desa melibatkan semua pemuda Desa Lenting dengan menggandeng Karang Taruna,” katanya kepada Radar Lombok, Jumat (5/3/2021).

Menurut dia, dalam lomba desa ini, ada beberapa indikator yang dilombakan yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, dan terintegrasi.

Semua indiaktor itu harus disiapkan untuk bisa memenangkan lomba, sehingga semua pemuda harus bergerak. “Tanpa dukungan dari pemuda kita tidak bisa apa-apa, jadi jauh-jauh hari kita sudah libatkan, bahkan selalu bersama,” katanya.

Jika ada anggapan pemerintah desa tidak melibatkan pemuda dalam lomba ini kata Marsawan, sebenarnya itu merupakan orang-orang yang memiliki kepentingan. Karena dari awal, pemuda dilibatkan.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Lenting Samudin mengungkapkan, persiapan lomba desa ini sudah mencapai 99 persen. Tinggal yang dilakukan adalah, bagaimana teknis dalam kegiatan lomba desa yang akan dihadiri oleh pemerintah kabupaten itu. “Teknis yang kita maksud di sini, bagaimana kita menyambut tamu, dan masalah teknis yang lain,” katanya.

Melihat persiapan saat ini sudah mencapai 99 persen, maka pihaknya optimis bisa menjadi juara dalam lomba desa ini. “Lomba tinggal lima hari lagi, jadi mari kita sama-sama menyukseskan lomba ini, dengan memberikan ide-ide terbaik kita, sehingga desa yang kita cintai ini dapat juara,” harapnya. (wan)