Lokasi Berjualan PKL belum Final

Lokasi Berjualan PKL belum Final
SEMENTARA : Gerobak PKL di lokasi berdagang sementara di eks jalan nasional samping barat bundaran GMS. (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Pedagang Kaki Lima (PKL) di seputaran bundaran Giri Menang Square (GMS) Gerung berangsur menempati lokasi berdagang yang diminta yakni eks jalan nasional yang tidak terpakai di sebelah barat bundaran.

Namun ditegaskan Kepala Bidang Tata Kota dan Pertamanan Dinas Pemukiman dan Perumahan Lobar Suryakin, lokasi yang ditempati saat ini bukanlah final melainkan hanya sementara. Dikarenakan lokasi tersebut bukan merupakan aset Pemkab Lobar melainkan masih tercatat menjadi aset Balai Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Jadi sebenarnya itu bukan tempat yang diperuntukkan, hanya sementara saja. Sambil kita pikirkan dimana lokasi yang tepat untuk berjualan. Karena jelas kalau membuka lapak di jalan, berbahaya bagi pengendara dan juga mereka,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dinas kesulitan menentukan lokasi yang cocok untuk mereka berdagang. Dulu memang sudah ada di sebelah selatan GMS, tetapi kini tidak ada. Sejak itu lokasi berdagang menyebar, ada yang di trotoar dan lainnya. Bahkan gerobak dagangan dititipkan di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Lobar. “Tetapi kan kita nggak enak karena itu kantor,” jelasnya.

BACA JUGA :  Khairatun Ajak Warga Budayakan Olahraga

Pihaknya pun meminta sembari mereka dibuatkan tempat berdagang yang semestinya, agar para PKL bisa menjaga kebersihan dan keindahan mematuhi waktu berdagang yakni sore hingga malam. Jika pagi dan siang, diharapkan gerobak dagangan dipindahkan agar tidak mengganggu keindahan. Tetapi faktanya memang 24 jam banyak gerobak berada di lokasi sementara yang ada saat ini. “Kita sudah imbau agar gerobaknya dipindah kalau pagi, siang, tetapi tetap saja. Mau kita tertibkan, tetapi saudara-saudara kita ini kan mencari nafkah. Jadi kita mohon ada kerjasama agar tetap menjaga keindahan,” pintanya.

Memang benar masih banyak PKL yang menaruh gerobak saat siang di lokasi. Gerobak-gerobak tersebut ditutupi terpal. Bahkan ada wahana permainan. Gerobak-gerobak ini terlihat jelas oleh para pengendara yang lalu-lalang.(zul)