Lobar Utus Empat Peserta di MTQ Nasional

GIRI MENANG- Lombok Barat akan mengutus 4 orang peserta yang akan mewakili NTB pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasioal yang akan berlangsung akhir bulan mendatang. Pada tahun ini NTB sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ. Lombok Barat kebagian jatah penyelenggaraan.

Peserta yang diutus oleh Lombok Barat yakni cabang Qiro'at putri atas nama Mas'adatin, cabang Hifzil Qura'an 20 juz atas nama Muhammad Fathul Muin, Tafsir Bahasa Inggris putri atas nama Hj. Hani Malkan,  dan M2Q putra atas nama Abdul Kadir Jaelani. Keempatnya dibina langsung oleh provinsi.

Sementara itu, persiapan MTQ nasional di Lombok Barat belum nampak. Di Lombok Barat sendiri  ada dua tempat berlangsungnya MTQ nasional ini yakni di Bencingah Agung kantor Bupati Lombok Barat di Giri Menang dan Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Kecamatan Gunung Sari. Persiapan yang belum ada diantaranya pembuatan panggung, pemasangan baliho, spanduk dan lain-lain.” Kita belum pasang baliho, spanduk di tempat-tempat umum. Panggung utamanya juga belum, tergantung dari provinsi yang menyiapkannya,” ungkap Asisten I Setda Lombok Barat Baiq Eva Nurcahyaningsih kepada wartawan, Kamis (15/7).

Segala perlengkapan panggung dan ruang istirahat peserta di dua lokasi ini akan disiapkan provinsi. Di masing-masing lokasi juga disiapkan ruang dewan hakam dan panitia. Khusus di Giri Menang, ruang rapat Umar Madi difungsikan sebagai ruang dewan hakam dan panitia. Sedangkan kantor Bagian Humas akan menjadi ruang tunggu. “ Kalau panggung nanti akan dipasang pada H-5,”  ungkapnya.

BACA JUGA :  9 Persen Warga Ingin Ubah Pancasila

Spanduk dan baliho memang sengaja belum dipasang karena dikhawatirkan cepat rusak sebelum event ini berlangsung. Spanduk dan Baliho akan mulai dipasang pada tanggal tanggal 20 Juli mendatang. Nanti akan digelar kegiatan bersih-bersih lokasi MTQ dengan melibatkan seluruh pegawai Pemkab.

Sementara yang di Ponpes Al-Aziziyah, kegiatan bersih-bersih melibatkan santri dan warga setempat.” Saat ini areal Al-Aziziyah sedang dipasangin paping blok,” tambahnya.

Cabang Tahfidz 10 dan 20 juzz akan dilombakan di Ponpes Al-Aziziyah Kapek, sementara untuk 1 dan 5 juz dilombakan di Bencingah Giri Menang. Atas nama Pemkab, Eva berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB yang menjadikan Lombok Barat sebagai tuan rumah bersama Kota Mataram. Ia juga berharap wakil-wakil NTB yang kebetulan dari Lombok Barat dapat mengharumkan nama daerah yakni dengan keluar sebagai juara.” Kami berharap bisa lolos di tingkat nasional,” harapnya.

Peserta akan berdatangan pada tanggal 28-29 Juli. Pembukaan akan berlangsung pada tanggal 30 Juli. Di areal MTQ, Pemkab memberikan kesempatan bagi warga untuk berjualan pernak-pernik MTQ. “ Intinya kami siap, hanya beberapa itu saja yang belum menunggu dari provinsi,” pungkasnya.(flo)