Lobar Target Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lagi

LEPAS : Pelepasan kafilah Lombok Barat untuk mengikuti MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB yang akan berlangsung di Lombok Timur kemarin. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi NTB digelar di Lombok Timur, 29 Juni hingga 6 Juli 2022. Kafilah Lombok Barat ditargetkan bisa merebut kembali juara umum yang diambil oleh Kabupaten Bima pada MTQ XXVIII tahun 2019 lalu saat Lombok Barat menjadi tuan rumah.

Rabu (29/6), Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, melepas kafilah Lombok Barat untuk mengikuti MTQ di Lombok Timur. Acara pelepasan berlangsung di Masjid Pemda Lobar. Dalam kesempatan ini bupati berpesan kepada para peserta semangat merebut kembali juara umum.” Kita targetkan tahun ini bisa juara umum lagi. Tahun 2019 lalu kita juara tiga,” ungkap bupati.

Ia yakin kafilah Lombok Barat mampu kembali menjadi juara.”Seperti saat di Bima kita juara umum,” pesannya.

Bupati juga menegaskan bahwa di MTQ tahun ini, bonus tidak hanya akan diberikan kepada yang juara satu saja, melainkan juga kepada peraih juara dua dan tiga. “ Jadi hadiah tidak hanya untuk yang juara satu tetapi juara dua dan tiga juga akan kita berikan,” tegasnya.

Baca Juga :  Seluruh Calon Kades Deklarasi Pilkades Damai

Bonus akan diberikan dalam bentuk hadiah umrah. “Kalau yang menang sudah umrah, boleh dialihkan untuk orang tuanya atau keluarga lain yang belum umrah,” tambah bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada OPD untuk rajin menjenguk kafilah Lobar saat berada di arena MTQ. Begitu juga untuk petugas kesehatan diminta juga ikut bersama kafilah, diam di tempat penginapan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para peserta.

Sekretaris LPTQ Lombok Barat, H. Maksum, mengatakan kafilah Lombok Barat sudah siap mengikuti MTQ. Sebelum lomba tahapan demi tahapan sudah dilaksanakan. Mulai dari TC (training center) tahap pertama pada bulan Mei lalu, dilanjutkan TC tahap kedua yang dipusatkan di SKB Gunung Sari, kemudian terakhir ditutup dengan tahapan uji publik di Ponpes Al-Aziziyah. “Kita Lombok Barat sudah sangat siap  mengikuti MTQ,” katanya.

Baca Juga :  Blangko e- KTP Masih Kosong

Pembinaan peserta MTQ ini dilaksanakan sejak jauh-jauh hari, mulai bulan April-Mei agar persiapan lebih maksimal. Ia berharap pada pelaksanaan tahapan-tahapan tersebut, persiapan kontingen MTQ Lobar ini bisa betul-betul maskimal. Pihaknya pun melibatkan semua peserta, para pembina selama tiga malam mengikuti kegiatan dengan tekun sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak LPTQ.

Ketua LPTQ Agus Gunawan pun sudah turun mengontrol kegiatan persiapan di lapangan. Dari hasil seleksi hingga tahap akhir uji publik, terdapat 54 peserta yang berhak ikut. Mereka akan mengikuti 8 mata lomba.(ami)