Lobar Segera Punya ‘Bike Park’ Kelas Internasional

DESAIN : Desain Bike Park (Taman Bersepeda) yang dibangun di Mentinting Kecamatan Batulayar Lombok Barat. (Ist/Radar Lombok)

GIRI MENANG- Lombok Barat akan memiliki bike park (taman bersepeda) yang pembangunannya sudah mulai dan berlokasi di Desa Meninting Kecamatan Batulayar. Bike park ini merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, dibangun di atas lahan sekitar 2,8 hektar dengan anggaran sekitar 17 miliar. Hal ini disampaikan Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, Selasa (4/8). “ Ini kelas internasional. Sudah mulai dibangun,” ungkapnya kepada Radar Lombok.

Dalam rangka memperluas areal bike park, Fauzan berencana membebaskan lahan di sekitar lokasi pertama. Fauzan menginginkan agar areal taman diperluas hingga mendekati pantai setempat. “ Ada tanah wakaf juga rencananya kita mau bebaskan,” ungkapnya.

Proyek ini telah dimulai dan diperkirakan kelar pada Februari tahun depan sesuai kontrak yang ada. Meninting bagian dari kawasan wisata Senggigi. Sehingga proyek ini juga bagian dari program revitalisasi kawasan wisata Senggigi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, H. Saiful Ahkam menjelaskan terkait masuknya Senggigi dalam program ITDP pembangunan pariwisata prioritas dari pemerintah pusat. Untuk mendukung program tersebut, Pemkab telah menyiapkan anggaran revitalisasi kawasan Senggigi.” Senggigi masuk dalam Indonesia Tourism Development Program (ITDP),”  ungkapnya belum lama ini.

Untuk tahun ini, beberapa kegiatan revitalisasi akan dilakukan di kawasan Senggigi, yang akan dilakukan oleh dua dinas yaitu Dinas PUTR dan Dinas Pariwisata sendiri. Pemkab menggelontorkan anggaran yang cukup besar.” Tahun ini kita tetap dalam skema revitalisasi. Insya Allah beberapa proyek revitalisasi Senggigi  sudah siap tayang,” jelasnya.(git)