Lobar Mazuk Zona Bencana, Warga Harus Waspada

RAWAN : Daerah rawan bencana banjir di Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG– Kabupaten Lombok Barat masuk menjadi zona rawan bencana seperti banjir, longsor dan air pasang. Karenanya warga harus waspada terutama memasuki musim hujan tahun ini.  Warga juga harus punya skil penyelamatan dini jika sewaktu-waktu bencana datang.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid meminta semua pihak waspada terhadap potensi bencana banjir, longsor, termasuk juga puting beliung di tengah cuaca yang tidak menentu belakangan ini.

Instruksi juga disampaikan ke SKPD yang secara langsung bersentuhan dengan bencana seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar selalu siap sedia. “ Kesiapsiagaan SKPD terkait, Camat, Kades di tengah cuaca yang tidak menentu ini sangat dibutuhkan, sehingga korban jiwa bisa diminimalisir,” ungkap Fauzan kemarin.

Bagi pejabat yang berhubungan langsung dengan bencana juga diminta aktif berkoordinasi, jangan suka me-nonaktif-kan HP, sehingga sewaktu-waktu diperlukan bisa dihubungi dengan cepat.

Terpisah, Kepala BPBD Lobar HM. Najib mengatakan, instruksi bupati sudah dijalankan dengan meningkatkan kesiap-siagaan. Utamanya dengan melakukan patroli rutin di daerah rawan bencana banjir, longsor dan puting beliung. Untuk daerah rawan banjir atau longsor sendiri intens dilakukan pemantauan di wilayah utara seperti di Desa Guntur Macan, Gelangsar dan lainnya seperti di Desa Suka Makmur. Kemudian puting beliung, daerah rawan atau biasa terjadi itu di sekitar Desa Kediri dan Kuripan. Pihaknya sendiri siaga 1 x 24 jam setiap harinya. “Kita juga melakukan upaya preventif atau pencegahan, dengan terus memberikan imbauan kepada masyarakat di daerah rawan bencana, agar jangan membuang sampah sembarangan, yang bisa memicu banjir,” terangnya.

Berdasarkan pantauan BPBD terakhir, kondisi masih aman. Tidak terjadi bencana banjir, longsor ataupun puting beliung kendati hujan mengguyur deras setiap hari.(zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid