Lobar Lobi Pusat Jadi Tuan Rumah MXGP 2022

H. Fauzan Khalid - H. Lalu Winengan (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Provinsi NTB pada tahun 2022 ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan MXGP atau Motor Cross Grand Prix, yaitu balap motocross paling elit di dunia. Secara resmi Gubernur NTB sudah mengumumkan hal ini pada November 2021 lalu. Namun belum ada kepastian lokasi pelaksanaan, apakah di Pulau Lombok atau Pulau Sumbawa.

Lombok Barat menyatakan siap sebagai tuan rumah MXGP.

Ketua panitia lokal MXGP, H. Lalu Winengan  mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi  (lobi) dengan panitia di tingkat pusat agar pelaksanaan MXGP bisa digelar di Lombok Barat.”Lombok Barat dari segi tempat dan fasilitas paling siap  menjadi tuan rumah MXGP. Sekarang sedang dalam pembahasan di pusat,” kata Winengan saat ditemui kemarin (6/1).

Ini menyebutkan, memang beberapa waktu lalu Gubernur NTB sempat menyatakan lokasi pelaksanaan MXGP adalah Pulau Sumbawa. Namun menurutnya, dari segi fasilitas seperti hotel dan fasilitas lainnya, yang paling siap itu Lombok Barat. Lombok Barat sudah menyiapkan lokasi untuk pelaksanaan motocross kelas dunia ini, tempatnya di Gunung Sasak Kecamatan Kuripan. “Kita hajatkan lokasinya di Gunung Sasak,” tambah Winengan.

Baca Juga :  Penutupan Pelindo Jangan Hanya Gertak Sambal

Ia memastikan, kalau digelar di Lombok, fasilitas Lombok Barat sudah pasti lengkap mulai dari hotel, transportasi dan fasilitas penunjang lainnya. Karena kalau mengundang beberapa negara yang akan menjadi peserta pasti butuh tempat menginap, sekarang persediaan tempat menginap yang lengkap ada di Lombok Barat dan Lombok Tengah.”Semua daerah memang berkeinginan menjadi tuan rumah, namun gubernur juga harus melihat kelengkapan fasilitas. Jangan sampai kita paksakan tapi fasilitas tidak ada,” tegasnya.

Baca Juga :  LCC Narmada Diusulkan Jadi Gudang Logistik Pemilu

Untuk itu pihaknya berharap kepada Gubernur NTB agar menyetujui rencana Lombok Barat menjadi tuan rumah.” Saya rasa Gubernur setuju kalau digelar di Gunung Sasak,” imbuhnya.

Untuk komunikasi dengan penitia pusat pihaknya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB sedang melakukannya.”Secara kebetulan saya juga ketua panitia, jadi saya bersama ketua IMI  melobi ke pusat agar dilaksanakan di Lombok Barat,” tegasnya.

Rencananya MXGP akan digelar pada bulan Juni. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyatakan  Lombok Barat  siap menjadi tuan rumah MXGP. Pihaknya mendukung langkah panitia lokal untuk merayu panitia pusat agar MXGP di gelar di Lombok Barat.” Saya malah yang tunjuk langsung H. Lalu Winengan menjadi ketua panitia lokal,” tegas bupati.(ami)

Komentar Anda