Lobar dan Mataram Sepakat Ubah Batas Wilayah

GIRI MENANG – Penetapan batas wilayah antara Kabupaten Lombok Barat dengan Kota Mataram sudah masuk tahap akhir. Dimana Pemkab Lombok Barat dan dan Pemkota Mataram sudah menyetujui batas wilayah masing-masing.

Jumat (24/11) lalu dua daerah ini membahas kembali batas wilayah. Sebelumnya kedua daerah menandatangani berita acara kesepakatan batas wilayah yang difasilitasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. Rapat di hari Jumat itu adalah dalam rangka menindaklanjuti pertemuan di Kemendagri.” Setelah itu kami buat lagi kesepakatan baru hasil fasilitasi itu baru kegiatan finalisasi kemarin di Bogor dan sudah disepakati termasuk draf Permendagri dan petanya,” kata Rosaria Indah, Kabag Tata Pemerintahan Setda Lobar yang dihubungi kemarin.

Untuk pengesahannya tinggal menunggu revisi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 55 tahun 2013 tentang batas daerah Kota Mataram dan Lombok Barat. “Batas wilayah sudah klir tinggal menunggu revisi Permendagri, tapi sudah ada berita acara kesepakatan batas wilayah, jadi sudah ada kekuatan hukumnya,” tegasnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 55 tahun 2013, luas wilayah Kabupaten Lombok Barat 923,90 Km2. Di berita acara terbaru, beberapa wilayah yang sebelumnya masuk wilayah Lombok Barat kini masuk Kota Mataram. Begitu juga sebaliknya, ada wilayah yang sebelumnya masuk Kota Mataram, setelah penyesuaian menjadi wilayah Kabupaten Lombok Barat.”Ada wilayah kita (Lobar) yang masuk Mataram, begitu juga ada wilayah Mataram masuk Lombok Barat,” ungkapnya.

Indah menyampaikan, memang pada saat pemaparan di DPRD, luas wilayah Lombok Barat berkurang.” Karena ada perapatan batas wilayah, jadi tidak semua wilayah kita diambil oleh Mataram, tidak semua wilayah Mataram kita ambil, jadi ada yang terambil ada yang terlepas, ” tegasnya.(ami)

Komentar Anda