Loang Balok Lolos 50 Besar ADWI

LOANG BALOQ: Desa Wisata Taman Loang Baloq masuk 50 besar terbaik nasional ajang pemilihan Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Kementerian Pariwisata mengumumkan desa wisata yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kota Mataram patut berbangga karena Desa Wisata Taman Loang Baloq lolos 50 besar ADWI tahun ini. Karena ajang ADWI tahun 2022 diikuti oleh 3.419 peserta dari 34 provinsi.

“Alhamdulillah Desa Loang Baloq 50 besar terbaik nasional ADWI tahun 2022,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denni Cahyadi di Mataram, kemarin (27/4).

Ajang ADWI diikuti dengan serius. Persyaratan yang ditentukan dipenuhi dengan maksimal. Karena Kota Mataram mengikuti ADMI tidak asal-asalan. “Sejak mendaftar kita sudah persiapkan semuanya. Karena kita mengikuti ini dengan serius dan tidak sekedar ikut,” katanya.

Karena itu, pengumuman Desa Wisata yang masuk 50 besar sangat dinantikan. Persiapan maksimal yang diupayakan membuahkan hasilnya. Desa Wisata Taman Loang Baloq masuk 50 besar ADWI 2022. “Pengumuman hari ini sama-sama kita nantikan dan Loang Baloq masuk 50 besar ADWI,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Curi HP, Rahmat Hidayat Ditangkap Polisi

Denni juga mengakui, ada persiapan khusus yang dilakukan untuk mengikuti ADWI. Karena tentunya Kota Mataram menginginkan hasil yang maksimal. Sehingga Kota Mataram tidak hanya puas masuk nominasi 500 besar ADWI tahun 2022.

Sementara dari NTB, 21 desa wisata lolos 500 besar. Sebagai informasi, sebanyak 153 Desa Wisata dari 10 Kabupaten/Kota di NTB mendaftar mengikuti ADWI yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Iya sejak awal kita ada persiapan khusus. Karena memang kita ingin mengikuti ajang ini dengan maksimal,” terangnya.

Dengan masuk 50 besar. Loang Baloq akan lebih ditata dan dipersiapkan lebih maksimal. Karena Kota Mataram tentunya punya kepentingan dengan Taman Loang Baloq yang berhasil masuk 50 besar ADWI.

BACA JUGA :  Pemkot Mataram Bolehkan Salat Idul Adha Berjamaah

“Karena sudah masuk 50 besar. Tahun depan tentu akan lebih memudahkan kita untuk mengikuti ADWI lagi,” jelasnya.

Setelah masuk nomisasi 50 besar ADWI. Desa Wisata Loang Baloq akan mengikuti kurasi penjurian lanjutan. Yaitu untuk penentuan dan mengerucut menjadi 10 besar nasional Desa Wisata di ajang ADWI tahun 2022. “Harapan kita tentu agar bisa masuk menjadi 10 besar ADWI,”  jelas Denni.

Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana mengatakan, dirinya sudah menerima laporan Desa Wisata Taman Loang Baloq masuk nomisasi 50 besar terbaik nasional di ajang pemilihan ADWI tahun 2022.

“Ini tentu mengembirakan kita. Semoga ditahapan selanjutnya kita bisa masuk 10 besar desa wisata tingkat nasional,” kata Wali Kota. (gal)