Lion Air Mulai Turunkan Harga Jual Tiket

LION-AIR
TIKET PESAWAT : Maskapai Lion Air saat bersiap menaikan penumpang di Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok. (DOK/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – Maskapai Lion Air Group mulai mengikuti keputusan pemerintah sehubungan penurunan harga jual tiket pesawat pada jaringan domestik untuk kategori maskapai layanan minimum (no frills/ low cost carrier). Di mana memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50 persen dari tarif dasar batas atas.

Pasalnya, beberapa waktu lalu harga tiket masih tinggi, sehingga  masyarakat enggan untuk bepergian keluar daerah. Mengingat rute-rute penerbang domestik jauh lebih tinggi harganya dibandingkan dengan rute internasional.

“Kami akan diterapkan pada waktu keberangkatan (schedule time departure) dan kondisi tertentu serta mengikuti syarat dan ketentuan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, Jumat kemarin.

BACA JUGA: Rp 158 Juta Harga Rumah Subsidi Berlaku Juni

Danang  mengatakan penurunna harga tiket ini berlaku untuk semua rute domestik, termasuk di Lombok. Tetapi tarif tersebut sesuai dengan jam-jam keberangkatannya, berlaku belum termasuk tarif bagasi pelayanan jasa penumpang udara, pajak pertambahan nilai (PPN) dan biaya asuransi.

“Untuk pemesanan atau pembelian tiket promo dilakukan paling lambat H- 10 sebelum keberangkatan ke masing-masing rute,” ujarnya.

Lion Air sudah melakukan penurunan harga jual tiket melalui beberapa promo. Penawaran tarif spesial untuk rute popular domestik yang terdiri harga mulai dari Rp 216 ribu untuk rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Tanjung Karang  sampai dengan  Soekarno-Hatta, Tangerang – Jayapura Rp 2.326.000 dan rute-rute lainnya. sedangkan untuk Tangerang – Lombok Praya berkisaran di hargan Rp 695.000.

“Kalau untuk rute keluar Lombok berlaku untuk jam-jam keberangkatan dan kondisi tertentu, karena lombok termasuk destinasi atau rute lainnya di domestik,” terangnya.

Danang menegaskan bahwa besaran tarif tiket yang dijalankan telah sesuai ketentuan yang ditetapkan regulator menurut layanan kelas ekonomi domestik. Dalam menentukan tarif penumpang pelayanan kelas ekonomi domestik, Lion Air Group telah menghitung dan memberlakukan secara bijak.

BACA JUGA: 125 UMKM Tenun Pringgasela Rambah Pasar Nasional

“Untuk harga jual tiket penerbangan yang dijual merupakan implementasi penggabungan beberapa komponen menjadi kesatuan harga tiket pesawat,” jelasnya.

Berdasarakan pantauan dari beberapa situs penjualan tiket online, memang sudah terjadi penurunan harga tiket untuk maskapai Lion Air, seperti rute dari Lombok-Surabaya Rp 600 ribu, sebelumnya Rp 700 ribu – Rp 800 ribu, Lombok-Jakarta Rp 1 juta dan Lombok-Jogja juga sama Rp 1 juta.

Sementara itu salah seorang masyarakat Meifa mengatakan penurunan tiket pesawat Lion Air sudah lumayan bagus, meskipun harganya masih sedikit tinggi dibandingkan dengan yang sebelumnya juga lebih tinggi.

“Alhamdulillah sudah lumaya turunnya Rp 100 ribu – Rp 200 ribu penerbangan domestik, dari harga beberapa hari lalu masih bisa dibilang tinggi,” kata Meifa. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid