Lintasan Sirkuit Mandalika Segera Dikelupas

DIDATANGKAN: Alat berat untuk memperbaiki Sirkuit Mandalika mulai didatangkan dan siap bekerja. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Proses perbaikan Sirkuit Mandalika dalam waktu dekat akan segera dimulai. Sejumlah alat berat sudah didatangkan untuk memperbaiki sikuit berkelas dunia itu.

Perbaikan ini dilakukan menyusul keluhanan yang disampaikan para pembalap MotoGP saat mengaspal di sirkuit itu pada ajang pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari lalu. Para pembalap ini menemukan masih adanya kerikil dan debu di sekitar lintasan yang membuat mereka sulit berimproviasai karena dapat membahayakan keselamatan mereka.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menyatakan,  sebagian peralatan berat telah tiba di sirkuit Mandalika pada Sabtu (19/2) dini hari. Selanjutnya pihak PT Pembangunan Perumahan (PP) akan mulai mengelupas permukaan lintasan dan secara bersamaan juga akan melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP) sambil menunggu kedatangan sisa peralatan yang akan digunakan nantinya. “Kita bergerak cepat agar perbaikan lintasan sirkuit sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Alhamdulillah sebagian besar peralatan berat telah tiba dan proses pekerjaan perbaikan bisa segera dimulai,” ungkap Priandhi Satria, Sabtu (19/2).

BACA JUGA :  Sukiman-Suhaili Lawan Tanding Sepadan untuk Zul-Rohmi

Priandhi menegaskan, sesuai target proses pengerjaan perbaikan lintasan diharapkan selesai pada 10 Maret 2022. Selain alat berat, PT PP telah memastikan kesiapan bahan baku untuk pengaspalan. “Tim dari PT PP Palu didampingi konsultan sudah memastikan kualitas bahan baku dan memastikan loading bahan baku ke atas kapal yang akan dikirim dalam waktu dekat untuk dijadikan lapisan aspal yang baru,” tambahnya.

Sementara itu, Dirut PT PP, Novel Arsyad meyakinkan bahwa pihaknya berkomitmen menjadikan lintasan Sirkuit Mandalika memenuhi standar keselamatan dan keamanan balapan serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau sebelum MotoGP berlangsung pada Maret mendatang. “Teknologi, metode, material, serta peralatan kerja juga menggunakan spesifikasi terbaik sesuai standar FIM. Kami akan melakukan pengelupasan aspal lapisan teratas lebih kurang tebalnya empat sentimeter dan langsung diaspal ulang,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dewan Desak Pemprov Adil ke Petani Tembakau

Ia menegaskan, pengaspalan dilakukan di segmen tikungan 16.5 yang menuju lintasan lurus sepanjang 507 meter. Ini sebagai upaya untuk memberikan kenyamana kepada para pembalap yang akan berlangsung pada Maret mendatang. “Kita juga melakukan pengaspalan hingga ke tikungan 5,5 yang menuju tikungan 6, 7, 8 dan 9. Secara total, yang diaspal ulang mencapai sekitar 17,5 persen dari keseluruhan lintasan,” tegasnya. (met)