LIMOFF Gelaran Fesyen Skala Internasional Hadirkan 109 Fashion Designer

Artis nasional Asri Welas, bersama para penari menampilkan berbagai motif wastra tenun khas NTB pada gelaran pembukaan LIMOFF 2023 di Hotel Merumatta Senggigi, Kamis malam (6/7/2023).

MATARAM –  Gubernur NTB H Zulkieflimansyah membuka Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) yang diselenggarakan selama empat hari, yakni tanggal 6 – 9 Juli 2023 di Hotel Merumatta Senggigi, Lombok, NTB.

LIMOFF yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Dekranasda NTB, serta bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) merupakan perhelatan fesyen skala internasional yang pertama digelar di NTB dengan mengintegrasikan berbagai kegiatan, seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, dan pameran standar internasional. Selain fesyen, LIMOFF menjadi ajang promosi sektor industri kreatif unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan terselenggaranya event Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) 2023 ini sebagai langkah nyata Pemerintah Provinsi NTB dalam mewujudkan NTB sebagai Pusat Busana Muslim dan Muslimah Nasional.

“Ini upaya nyata dan serius menjadikan NTB sebagai Pusat Busana Muslim dan Muslimah Nasional,” kata Gubernur Zul.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB Heru Saptaji menyampaikan selamat atas terselenggaranya event LIMOFF, yakni event fesyen berskala internasional, untuk pertama kalinya dapat terselenggara di NTB. Modest fashion merupakan konsep berpakaian dengan gaya busana tertutup, mengajarkan values penting, seperti kesederhanaan, sopan santun, dan menghormati diri sendiri. Modest fashion tidak hanya untuk perempuan muslim, melainkan untuk semua perempuan yang ingin mengekspresikan diri mereka dalam gaya berpakaian yang sopan, stylish namun tetap elegan.

Baca Juga :  Event LIMOFF Bisa Gairahkan Perajin Tenun NTB

“Kami yakin modest fashion akan semakin populer baik di Indonesia, maupun di belahan dunia pada umumnya,” kata Heru Saptaji. 

Heru menyatakan jika upaya Bank Indonesia dalam mendukung LIMOFF, salah satunya adalah sebagai trigger untuk memperkenalkan wastra tenun NTB yang mempunyai ciri khas dan daya tarik, serta menjadi bagian Diplomasi Budaya dan Diplomasi Ekonomi di lingkup global, sehingga NTB tidak hanya hanya dikenal dengan destinasi wisata, event-event sport internasionalnya saja, namun NTB juga dikenal dengan keindahan wastranya yang tidak kalah eksotik.

“Bank Indonesia secara konsisten berkomitmen untuk mengembangkan sektor modest fashion sebagai salah satu strategi utama di dalam penguatan ekosistem halal nasional untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia, dan Provinsi NTB sebagai titik epicentrumnya,” ucap Heru Saptaji.

Dengan mengusung tema “Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market”, LIMOFF ditujukan sebagai wadah untuk mempromosikan kekayaan budaya NTB melalui karya para kreator sektor fesyen meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB sebagai upaya mengembangkan industri fesyen dan kreatif lokal dan mewujudkan NTB sebagai kiblat fesyen muslim nasional.

Ketua Dekranasda NTB dan Founder LIMOFF, Niken Zulkieflimansyah menjelaskan bhawa “LIMOFF muncul karena kecintaan atas karya wastra, dan tentu saja dengan segenap kekurangan dan kerendahan hati di daerah, ingin berpartisipasi pada upaya pemerintah Indonesia untuk menjadi pusat busana muslim di dunia.

Baca Juga :  BI Dorong NTB Menjadi Pusat Fesyen Muslim Dunia Melalui Event LIMOFF

“Kami berharap dari sini, dari daerah NTB, kita mulai untuk bergerak memajukan wastra yang ada di daerah kami sebagai bagian dari kebangkitan muslim fesyen Indonesia dan dunia,” ujar Niken Zulkieflimansyah.

LIMOFF ditargetkan sebagai destinasi belanja produk modest fashion dan turunannya yang berkualitas skala internasional dan ditargetkan dapat menumbuhkan pelaku-pelaku industri kreatif baru di NTB, melahirkan brand-brand lokal di NTB, sehingga geliat industri fesyen menjadi sektor industri baru di NTB. Selama empat hari penyelenggaraan, LIMOFF 2023 akan menghadirkan 109 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga manca negara yang menampilkan ragam gaya modest fashion dengan mengeksplorasi wastra NTB.

LIMOFF menghadirkan guest national designers, yaitu Fomalhaut Zamel, Hannie Hananto, Monika Jufry, Najua yanti, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Kami., dan Asri Welas. Berkolaborasi dengan AFDS (Asean Fashion Designers Showcase), LIMOFF turut menampilkan karya dari Asean Designers yaitu Fadzil Hadin dari Brunei, Natacha Van dari Kamboja, Wan Bainun dari Malaysia, Dave Ocampo dari Filipina, dan Hayden Ng dari Singapura. (luk)

Komentar Anda