Lima Tanaman dalam Alquran dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Buah Kurma dan Buah Zaitun
Buah Kurma dan Buah Zaitun

MATARAM–Sebagai kitab suci umat Islam, Alquran memiliki kandungan ilmu dan pengetahuan yang sangat komplet. Di dalamnya juga terkandung ilmu mengenai sejumlah tanaman dan tumbuhan yang bermanfaat untuk manusia. Termasuk tanaman yang buahnya bisa bermanfaat bagi tubuh manusia. Lima di antaranya adalah buah kurma, tin, zaitun, anggur dan delima.

Untuk Delima dan anggur tentunya sudah bisa ditemukan tumbuh di NTB, namun tiga lainnya akan segera mengisi Taman Alquran yang tengah digagas Dosen Universitas Teknologi Sumbawa, Arief Budi Witarto. Atas dukungan Dr. H. Zulkieflimansyah untuk melengkapi Science dan Techno Park (STP) yang sudah berdiri.

Meski sering ditemui atau hanya mengetahui namanya saja, perlu kiranya untuk mengetahui khasiat beberapa buah tersebut. Dilansir dari klikdokter.com, berikut khasiat dari buah-buahan tersebut.

Kembali

1. Anggur

Berbagai studi menunjukkan bahwa polifenol resveratrol yang terdapat pada kulit anggur dapat mencegah kerusakan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah pembekuan darah. Anggur yang kaya akan antioksidan juga baik untuk kecantikan.

Meski menyehatkan, konsumsi anggur merah yang berlebihan dapat menimbulkan kecanduan. Karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk membatasi konsumsi anggur merah tidak lebih dari 2 gelas (1 gelas 150 mililiter) sehari, selama 5 hari dalam satu minggu.

Kembali
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid