Lima PDP Meninggal, Satu Orang Positif Covid-19

Covid-19
Sumber Data : Diskominfotik Provinsi NTB

MATARAM – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal bertambah satu orang dari sebelumnya empat orang menjadi lima orang. Satu dinyatakan postif Covid-19 pasien dari Dasan Agung Kota Mataram, sementara empat lainnya dinyatakan negatif sesuai hasil laboratorium pemeriksaan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi menyampaikan, bahwa ada tambahan jumlah PDP yang sudah meninggal pada 08 Maret 2020 warga asal Rembiga Kota Mataram atas nama inisial Bu EN 77 tahun yang dinyatakan negatif Covid-19.

“Tidak ada riwayat perjalanan keluar daerah, memang punya penyakit lain seperti PDP Karang Medain, Hasilnya laboratorium juga sudah duluan karena negatif, belum sempat di masukkan ke dalam keterangan meninggal,” jelasnya.

Mengenai kapan kepastian, Gede enggan membeberkan begitu pula dengan dimana pasien terakhir dirawat. Yang jelas pasien tersebut menambah jumlah orang PDP yang meninggal di Kota Mataram menjadi tiga orang. Sebelumnya, pasien atas nama IMS, 55 tahun dari Karang Madain Kota Mataram meninggal juga pada hari Sabtu (28/3) di RSUP NTB.

Tapi hasil pemeriksaan laboratorium swab Negatif Covid-19 per tanggal 1 April 2020. Begitu juga dengan pasien PDP yang dinyatakan positif Covid-19 yang dari Dasan Agung Kota Mataram, atas nama J, 55 tahun dari Dasan Agung Mataram yang dirawat di RSUD Kota Mataram, dan meninggal pada Sabtu (28/3/2020) siang.

Sementara pasien PDP yang terlebih dahulu meninggal dua orang, sebelumnya telah dinyatakan negatif. Yaitu warga negara asing (WNA) yang meninggal bulan Februari dan 1 warga Bima yang meninggal di RSUD Kabupaten Bima.

Sementara itu, lanjut Gede update data kewaspadaan Covid-19 yang diterbitkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB per 03 April 2020 pukul 17:00 WITA, jumlah PDP kembali bertambah, dari sebelumnya hanya 36 pasien, menjadi 39 orang. dari total yang diperiksa sebanyak 66 pasien. Hasil penanganan ada 27 yang sudah selesai dalam pengawasan.

Begitu pula dengan Orang Dalam Pemantuan (ODP), dari data jumlah yang diperiksa sebanyak 1362 orang, menjadi 1803 orang. dengan rincian, 1.357 orang masih dalam pengawasan. Hasil penanganan hanya 446 orang yang sudah selesai dalam pemantuan. Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB masih enam orang. Lima orang masih hidup, empat orang dirawat di RSUP NTB dan satu orang di di RSUD HL Manambai Abdulkadir Sumbawa. Dan satu nya sudah meninggal. (sal)