LIGANUS SEGERA BERGULIR AGUSTUS

MATARAM—Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) NTB akan kembali menggelar Liga Nusantara (Liganus) 2016. Rencananya, kompeitisi amatir tersebut akan digulirkan Agustus mendatang.

Sekum Asprov PSSI NTB Muhazzam mengatakan, nantinya ada 15 klub yang akan ikut berpartisipasi. Klub yang sebelumnya pernah terdafatar tahun lalu tetap akan kembali registrasi ulang. ”Semau tim perserta harus registrasi ulang,” katanya kepada radar lombok rabu (16/6)

Selain jumlah peserta, format pertandingan yang digunakan pun akan diubah. Liganus tahun ini akan mengunakan sistem home and away (tandang dan kandang).  ”Format baru ini kita serahkan ke masing-masing Asprov (kabupaten/kota),” jelasnya.

BACA JUGA :  Perbaikan Jalan Kota Segera Dieksekusi

Dikatakan azam panggilan akrabnya, Liganus ini merupakan program pembinaan Asprov PSSI NTB. Program tersebut tetap harus berjalan, terlebih lagi belum lama ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)  telah mencabut sanksi kepada k PSSI sejak April lalu.

Kompetisi ini tidak diperkenankan memakai jasa pemain asing, pemain yang terlibat statusnya amatir, dan tidak ada pembatasan usia. Liganus 2016 ini akan dibagi menjadi dua sub rayon, pulau Lombok dan Sumbawa.

Nantinya masing-masing grup berisikan daerah asal. Pemenanganya berhak berlaga di putaran nasional. Bertanding kembali dengan tim dari daerah lain. ”Tim yang juara tingkat provinsi lansung ke nasional,” tutupnya (cr-adi).