Libur Sekolah Kembali Diperpanjang Selama Dua Pekan

H. Aidy Furqan(ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)
H. Aidy Furqan(ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB kembali memperpanjang libur sekolah bagi pelajar SMA/SMK negeri dan swasta di NTB termasuk juga SLB. Dengan demikian, proses pembelajaran di rumah kembali diterapkan selama dua pekan kedepan. Pasalnya jika memperpanjang selama 1 bulan penuh tentunya ada ke khawatiran.

“Kalau satu bulan penuh memperpanjang masa pembelajaran di rumah ke khawatiran kita ada kelalaian. Makanya setiap dua pekan kita memperpanjang masa belajar di rumah,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakannya, pihkanya telah melakukan video teleconference  dengan semua Pengawas Pendidikan dan meminta progres laporan pembelajaran di rumah oleh kepala sekolah dan guru. Di setiap kabupaten/kota di NTB tersebut tetap melakukan proses pembelajaran siswa melalui Dalam Jaringan (Daring) sekitar 55 persen. Selanjutnya ada 20 persen yang konvensional seperti di Sumbawa tepatnya di pulau Moyo, Ropang dan daerah terpencil lainnya. Kemudian sekitar 25 persen yang menggunakan semi daring

Khusus pembelajaran dengan konvensional, diminta aktifkan peran guru Bimbingan Konseling (BK) melalui program home visit. Sebab peserta didik tidak mempunyai Hp dan lain sebagainya, sehingga program home visit ini diterapkan karena ada juga anggarannya. Untuk program home visit ini bukan hanya guru BK, namun bisa juga guru mata pelajaran (mapel) atas penugasan dari kepala sekolah.

‘’Jadi ada jalan keluar yang kita berikan dalam situasi dan kondisi apapun,” terangnya.

Selain itu, laporan yang didapatkan dari Pengawas pendidikan banyak peserta didik yang minjam Hp keluarganya untuk bisa menghubungi gurunya. Oleh sebab itu, pelaksanaan Home Visit ini khususnya yang konvensional, misalnya sekolah ini mempunyai 100 peserta didik, ada 55 yang menggunakan online, 25 menggunakan semi online dan 20 yang konvensional di terapkan program home visit. (adi)