Lebih Setengah Juta Ikan Ditebar Wartawan “Toaq”

Lebih Setengah Juta Ikan Ditebar Wartawan Toaq
BIBIT IKAN: Pelepasan bibit ikan di Dusun Temas Desa Narmada Kecamatan Narmada Lobar sebanyak 27 ribu bibit ikan, Minggu kemarin (27/8), menandai setahun GSBI. (IST FOR RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Sudah setahun Gerakan Sejuta Bibit Ikan (GSBI) yang diinisiasi wartawan toaq (tua/senior) dan pegiat komunikasi NTB berlalu, tepat pada Minggu kemarin (27/8).

Melalui gerakan ini   651 ribu  bibit ikan ditebar  di 74 lokasi di Pulau Lombok. Tujuannnya memperbanyak habitat dan populasi ikan. Untuk memperingati setahun GSBI ini, wartawan toaq bersama beberapa pegiat komunikasi NTB pun merayakannya, di Dusun Temas Desa Narmada Kecamatan Narmada Lombok Barat (Lobar) kemarin. Caranya tentu dengan kembali menebar bibit ikan sebanyak 27 ribu bibit ikan.

Koordinator GSBI H. Bochri Rachman, penebaran bibit di Dusun Temas ini memberikan makna mendalam, karena menandai setahun perjalanan GSBI dalam melakukan penebaran bibit di embung rakyat, sungai dan embung yang dikelola oleh masjid. “Dan ini merupakan lokasi ke 74 kami melakukan penebaran dengan jumlah total 651 ribu  bibit ikan,” ujarnya.

Berdasarkan laporan yang ada lanjutnya, bibit ikan yang dilepas di beberapa embung yang dikelola pengurus masjid dan pemerintah desa, hasilnya mengembirakan. Disampaikan bahwa bibit ikan yang dilepas mendatangkan manfaat yang besar bagi warga dan masjid. “Di Embung Muncan (Lombok Tengah) yang dikelola oleh masjid hasilnya sangat menggembirakan, menghasilkan sekitar Rp 25 juta dari pembukaan pemancingan yang dikelola oleh pengurus masjid dan hasilnya digunakan untuk kas pembangunan dua masjid di Muncan,” bebernya sembari menerangkan bahwa penebaran bibit di Embung Muncan setahun lalu tersebut merupakan penebaran pertama kali yang dilakukan GSBI sebanyak 9 ribu ekor ikan.

Peringatan setahun GSBI kemarin, tidak hanya dilakukan dengan penebaran bibit ikan, melainkan juga dirangkai dengan kegiatan sosial lain  dihadiri pula H Lalu Gita Aryadi, Mahfud Ahmad, Erpani Sayuti dan kepala desa serta sejumalah tokoh masyarakat di Desa Narmada. Tokoh yang tergabung dalam Persatuan Alumni SMAN 1 Mataram ini memberikan sumbangan Alquran kepada masyarakat melalui GSBI.

Lalu Gita, berharap agar program GSBI ini dapat bersinergi dengan progran sejuta Alquran yang digagas alumni SMAN 1 Mataram. Dia juga menyampaikan harapan besar agar ikhtiar untuk memperbanyak ikan di perairan di Lombok ini tidak selesai pada angka 1 juta saja tetapi bisa terus beelanjut hingga berjuta-juta bibit ikan agar peraiaran darat di Lombok tidak kekurangan ikan sehingga dapat mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid