Lebaran Topat Loteng Dipusatkan di Aik Bukak

Lebaran Topat Dipusatkan di Aik Bukak
BELAH KETUPAT: Bupati HM Suhaili FT didampingi Wabup L Pathul Bahri saat membelah ketupat pada acara lebaran topat, kemarin. (DHALLA/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Pemkab Lombok Tengah memusatkan perayaan lebaran topat (ketupat) di Taman Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara, Minggu kemarin (2/7).

Perayaan itu dihadiri langsung Bupati HM Suhaili FT, Wabup L Pathul Bahri, Ketua DPRD H Achmad Puaddi FT, Kepala Kemenag HM Nasri Anggara, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya menyatakan, wisata Aik Bukak merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan Lombok Tengah. Wisata ini bertahun-tahun tidak diperhatikan, sehingga hal inilah yang membuatnya tertarik memusatkan lebaran topat di tepat tersebut. “Sebelumnya kita sudah sepakati kalau puncak lebaran topat di wisata air terjun Benang Stokel. Namun, dengan beberapa pertimbangan akhirnya kita putuskan di wisata kolam renang Aik Bukak,” katanya.

Ada beberapa hal yang membuat dirinya tertarik melaksanakannya di tempat tersebut. Salah satunya keindahan alam dan kekayaan yang dimiliki wisata ini cukup bagus. Hanya saja kurang diperhatikan, sehingga beberapa kelebihan tersebut tidak banyak yang tahu.

Dengan perayaan yang dipusatkan ditempat ini, pihaknya mengharapkan wisata Aik Bukak yang memiliki banyak kelebihan, masyarakat banyak yang tahu, sehingga kedepannya terus didatangi pengunjung. “Kita bisa lihat sendiri, setelah dipusatkannya lebaran ketupat di wisata ini, semua ditata dan seterusnya harus dijaga,” ungkapnya.

Dikatakan, setiap tahun pelaksanaan lebaran ketupat memang selalu berpindah-pindah, dan ini pihaknya menilainya bagian dari dakwah. Sebab yang namanya melaksanakan kebaikan itu, bukan hanya dengan cara berdakwah atau berdai. Namun kegiatan seperti kegiatan sosial, memperbaiki hal-hal yang kurang baik dengan cara seperti ini, menurutnya itu merupakan bagian dari dakwah. Sebab memperbaiki sesuatu yang sudah rusak, itu sama artinya dengan menyelamatkan ciptaan Allah. “Jadi bakti sosial menata kawasan ini, bagi saya itu bagian dari dakwah, sebab jika tempat ini sudah ditata dan banyak mengunjunginya, insya Allah apa yang kita lakukan tercatat sebagai ibadah,” akunya.

Bupati menambahkan, wisata Aik Bukak bukan hanya memiliki kolam renangnya saja. Namun, kandungan mata air yang dimilikinya sangat banyak, dan kedepan pihaknya akan mempromosikannya kepada sejumlah investor dan perbankan. “Jadi untuk sementara ini pemkab akan memulai melakukan penataan, jika nanti sudah bagus potensi yang ada bisa kita bangunkan waterboom dan yang lainnya,’’ katanya.

Sementara itu TGH Muzammil mengajak kepada semua yang hadir untuk menghormati orang tua, sebab ridonya Allah itu terletak pada ridhonya orang tua. “Rajin ibadah, beramal jariah, melaksanakan haji berpuluhan kali, itu semua tidak akan diterima, jika ridanya orang tua tidak ada,” katanya.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, marilah menghormati orang tua dan menghormati para pemimpin, termasuk Bupati Loteng. (cr-ap)

BACA JUGA :  Polres Kumpulkan Pengusaha Restoran dan Tokoh