Lebaran Topat Dipusatkan di Dua Tempat

TOPAT
LEBARAN TOPAT: Proses pemotongan topat agung pada Lebaran Topat tahun lalu. (Dok//Radar Lombok)

MATARAM — Perayaan Lebaran Topat ini dipastikan berlangsung di dua tempat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram. dua tempat itu yakni, kawasan makam Loang Baloq dan kawasan Bintaro.

Lebaran topat tahun ini jatuh pada hari Rabu (12/6). Untuk di Makam Loang Baloq, dihadiri oleh Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh. Sementara di Bintaro akan dipimpin Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana.

‘’Sama seperti tahun sebelumnya. Lebaran topat akan dipusatkan di dua tempat. Yaitu di Makam Loang Baloq dan Bintaro,’’ ujar Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, Minggu (9/6).

Perayaan Lebaran Topat tahun ini, jelasnya, diupayakan dimodifikasi. Sehingga ritual budaya dan keagamaan serta pariwisata bisa didapatkan. ‘’Contohnya nanti akan ada gendang beleq, penggunaan kostum lambung. Ada juga ziarah makam, ngurisan dan lainnya,” jelasnya.

Semua upaya modifikasi itu, terangnya, sebagai bagian dari cara kita untuk mengemas kegiatan menjadi lebih menarik lagi. Terlebih momentum Lebaran Topat  merupakan kesempatan warga meluapkan suka cita selepas melaksanakan puasa Syawal.

BACA JUGA: Melihat Tradisi Tiu, Warisan Nenek Moyang Warga Desa Jantuk

Sebelum pelaksanaan Lebaran Topat di dua tempat yang ditentukan, lanjutnya, Pemkot Mataram terlebih dahulu menggelar kegiatan tahlilan dan doa. Kegiatan dilaksanakan di Musalla Siti Aisyah Kantor Wali Kota Mataram. Kemudian seluruh SKPD akan dibagi menjadi dua bagian.

‘’Satunya untuk menghadiri lebaran topat di Makam Loang Baloq mendampingi Wali Kota Mataram. Sebagian lagi di Bintaro mendampingi Wakil Wali Kota Mataram,’’ ungkapnya.

Demi lancar dan tertibnya acara perayaan lebaran topat tahun ini, Martawang mengimbau masyarakat menjaga keamanan dan keselamatan. Selain itu, warga juga selayaknya bersama-sama menjaga ketertiban.

BACA JUGA: Nambah Libur, ASN Dinanti Sanksi

‘’Meskipun kami menyiapkan seluruh perangkat untuk mengawal masyarakat kita yang berlebaran. Tapi tentu akan lebih bagus kalau kita menajaga diri masing-masing. Jangan sampai ada yang tenggelam. Jangan sampai ada yang ketinggalan anaknya atau yang kecelakaan dan sebagainya. Kita berharap suka cita dan kebahagiaan ini menjadi motivasi untuk kita lebih guat lagi membangun Kota Mataram,’’ harap Martawang.

Terpisah, Wali Kota Mataram, Ahyar Abduh mengatakan, Pemkot Mataram menyiapkan perayaan Lebaran Topat kepada masyarakat. Yakni dipusatkan di dua tempat. ‘’ Itu nanti kita siapkan perayaan lebaran topat di dua tempat itu seperti biasanya,’’ katanya. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid