Lebaran Topat dari Sekotong Hingga Kerandangan Dipantau dengan Pesawat Microlight

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram Nanang Sigit PH melakukan pemantauan melalui udara dengan menggunakan pesawat microlight. (IST/SAR MATARAM)

MATARAM–Tradisi Lebaran Topat digelar masyarakat Lombok hari ini (9/5/2022). Tradisi ini identik dengan berwisata ke pantai membawa hidangan topat atau ketupat.

Untuk mengetahui situasi dan kondisi pengunjung yang berwisata ke pantai saat Lebaran Topat, Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram Nanang Sigit PH melakukan pemantauan melalui udara dengan menggunakan pesawat microlight.

“Take off dari Selaparang, menuju wilayah Sekotong, Pantai Cemare, Loang baloq, Senggigi hingga Kerandangan,” sebut Nanang di Mataram.

BACA JUGA :  Warga Medan Hilang Terseret Ombak di Kerandangan
Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram Nanang Sigit PH melakukan pemantauan melalui udara dengan menggunakan pesawat microlight. Tampak Pantai Senggigi. (IST/SAR MATARAM)

Hasil pemantauan melalui udara tersebut dijadikan acuan untuk personel dalam melaksanakan pengamanan di sepanjang pantai dan laut. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau kondisi membahayakan manusia.

“Jika ditemukan keramaian di spot-spot yang dianggap rawan, maka tim kami akan diarahkan atau lebih difokuskan di wilayah itu,” ungkapnya usai melaksanakan pemantauan.

BACA JUGA :  Oknum Ketua RT Asyik Pesta Sabu dengan Sejumlah Warga

Pengamanan dilaksanakan oleh Kantor SAR Mataram masih dalam rangkaian Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran yang dilaksanakan sejak 25 April hingga 12 Mei 2022.

Beberapa hari sebelumnya setelah perayaan Idulfitri, juga dilakukan kegiatan yang sama dengan rute yang berbeda, yaitu seputaran wilayah Senggigi dan Ampenan. Selain itu, disempatkan berkunjung ke posko terpadu yang berada di Pelabuhan Lembar. (RL)