Laporan Dana Kampanye 17 Parpol Ditolak

Sosialisasi : KPU Lotim terus melakukan sosialisasi berbagai tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 (Ist/Radar Lombok )

SELONG – Sebanyak 18 Parpol di Lombok Timur menyerahkan laporan awal dana kampanye untuk Pemilu 2024 ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun dari 18 Parpol itu, sebanyak 17 Parpol ditolak laporan awal dana kampanyenya karena berbagai persyaratan yang telah ditentukan masih belum lengkap.

Diketahui laporan dana awal kampanye ini merupakan salah satu merupakan salah satu ketentuan yang harus dipatuhi oleh semua Parpol. Hal tersebut juga telah diatur dalam PKPU nomor 18 Tahun 2023 berkaitan dengan dana kampanye. ” Dari 18 Parpol yang telah menyerahkan laporan awal dana kampanye ini, hanya satu Parpol yang kita terima. Parpol tersebut adalah Partai Golkar ” kata Koordiv Teknis Penyelenggara KPU Lotim Mulyadi kemarin.

Sementara berkas laporan awal dana kampanye 17 Parpol yang ditolak itu telah dikembalikan ke masing- masing Parpol. Dan Parpol itu pun telah diminta untuk melengkapi berbagai persyaratan yang belum dilengkapi untuk segera diperbaiki. Ia menambahkan laporan awal dana kampanye ini akan digunakan untuk berbagai tahapan kampanye untuk Pemilu 2024. ” Sementara Partai Golkar besaran laporan awal dana kampanye dengan saldo awal di rekening khusus yaitu Rp 1 juta. Penerimaan dana kampanye Rp 403 juta. Sedangkan pengeluarannya sudah mencapai Rp.l 357 juta. Saldo yaitu Rp 46 juta ” bebernya

Berkaitan dengan dana awal kampanye ini terang dia memang harus dilaporkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dan ini juga menjadi salah satu kewajiban dari setiap Parpol peserta Pemilu ” Makaknya Parpol yang masih belum lengkap persyaratanya itu supaya segera diperbaiki. Batas waktunya yaitu sampai 5 hari kedepan” imbuh dia.

Jika ketentuan ini tidak dipatuhi terang dia maka Parpol tersebut dipastikan akan diberikan sangsi. Sangsinya yaitu Parpol itu akan bisa digugurkan sebagai peserta Pemilu 2024. (lie)

Komentar Anda