LAPAN Perkenalkan Alat Pendeteksi Ikan ke Nelayan Ampenan

Selain memperkenalkan alat ZPPI, LAPAN juga memberikan materi seputar ZPPI ke nelayan di Tanjung Karang, Sekarbela bersama dengan alat pendukung ZPPI tersebut, yaitu GPS-Fishfinder.

Melalui teknologi ini diharapkan nelayan di kawasan pesisir pantai Ampenan mampu meningkatkan produksi ikan. Dalam bantuan satelit untuk menemukan titik-titik lokasi keberadaan ikan di laut dengan menggunakan alat-alat yang telah di temukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dimana zona potensi penangkapan ikan di NTB ini pada akhirnya bisa memberikan informasi kepada nelayan, mensejahterakan nelayan dan meningkatkan produksi ikan nelayan.

“Kami berharap dengan pengunaan alat ini, nelayan di NTB bisa meningkat kesejahteraan mereka, karena hasil tangkapan semakin banyak,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI, Dr H Kurtubi mengatakan LAPAN sebagai salah satu lembaga penelitian memiliki hasil riset yang bermanfaat bagi nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana wilayah NTB ini memiliki banyak titik lokasi ikan yang dapat para nelayan tangkap dan tempat aman untuk menangkap ikan.

BACA JUGA :  Kebijakan Menteri Susi Semakin Rugikan Nelayan