Lantan Wakili Loteng Lomba Desa Tingkat Provinsi

lomba desa
PENILAIAN: Desa Lantan yang terpilih mewakili lomba desa tingkat Provinsi NTB saat dilakukan penilaian, Selasa (18/6).

PRAYA – Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara (BKU) terpilih sebagai perwakilan desa di Lombok Tengah untuk mengikuti kegiatan lomba desa tingkat Provinsi NTB. Lomba ini akan  diselenggarakan dalam rangka memotivasi pemerintahan desa meningkatkan pelayanan publik dan penyusunan administrasi yang baik di tingkat desa.

Penilaian dilakukan pada Selasa (18/6) di kantor desa setempat dihadiri tim penilai dari Provinsi NTB, Camat Batukliang Utara, Kepala Desa Lantan, kadus se-Desa Lantan, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat Desa Lantan serta perwakilan dari TNI dan Polri di wilayah Lombok Tengah.

BACA JUGA: Warga Desa Pengembur Dibagikan Air Bersih

Sekda Lombok Tengah, HM Nursiah dalam kesempatan itu menyampaikan berbagai potensi di Desa Lantan, sehingga mewakili Kabupaten Lombok Tengah untuk lomba desa tingkat Provinsi NTB. Ke depan dengan berbagai potensi ini juga diharapkan Desa Lantan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. “Desa Lantan memiliki banyak potensi, terutama dari segi pertanian yang tetap dikembangkan. Ke depan kita berharap berbagai potensi ini bisa berjalan dengan baik untuk mendukung perekonomian masyarakat,” kata Nursiah, kemarin.

Dengan ditunjuknya Desa Lantan mewakili Lombok Tengah, diharapkan akan menumbuhkembangkan komitmen dan kinerja pemerintah desa dalam membangun desa dan membangun indeks perestasi manusia (IPM) di tengah pertumbuhan daerah yang semakin berkembang pesat. “Kita berharap agar kinerja dari desa terus dikembangkan dalam memanfaatkan berbagai potensi,” imbuhnya.

Kepala Desa Lantan, Erwandi menimpali, desanya memiliki banyak potensi dan dekat dengan hutan. Tingkat ketergantungan serta interaksi masyarakatnya terhadap hutan cukup tinggi. Terlebih luas hutan di tempat itu mencapai ribuan hektare. “Berbagai potensi ini terus dikembangkan masyarakat dan hasilnya bisa dimaksimalkan dalam mendukung perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Desain Pembangunan Pasar Renteng Melenceng

Disampaikan juga, selama ini sebagian besar penduduk Desa Lantan bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Selain itu, penduduk Desa Lantan juga ada yang menjadi pedagang, perajin dan pegawai negeri serta beberapa pekerjaan lainnya. “Sarana dan perasarana di desa terus kami benahi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa kami ini,” tegasnya.

Terlebih, dari sektor pertanian sudah banyak melakukan berbagai terobosan dalam mengembangkan potensi yang ada. Terlebih saat ini fokus utama masyarakat dalam mengelola hutan dengan berbagai tanaman baik berupa cokelat, alpukat dan berbagai tanaman lainnya. “Kami berharap dengan terpilihnya desa kami menjadi wakil dari Lombok Tengah untuk lomba desa, akan menjadi motivasi kami untuk terus bekerja memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi dan lain-lain yang berkaitan dengan lomba desa oleh tim dari Provinsi NTB. Tim penilai melihat profil desa, potensi desa dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan mulai dari bidang pendidikan, ekonomi dan berbagai potensi lainnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid