Lalu Suryade Tak Bisa Penuhi Deadline PKS

Lalu Suryade
Lalu Suryade.(IST/)
Advertisement

MATARAM–PKS sudah memberi tenggat waktu atau deadline kepada kader yang ditetapkan menjadi bakal calon kepala daerah (balon kada) di Pilkada Lombok Tengah (Loteng) dan Sumbawa hingga akhir Februari.

Namun hingga awal Maret ini, mereka tak kunjung menemukan pasangan, serta parpol calon mitra koalisi PKS di pilkada. Dan hal itupun diakui oleh Lalu Suryade, balon kada PKS di Pilkada Loteng. “Bakal calon pendamping belum kita tetapkan,” kata Lalu Suryade, Minggu (1/3) kemarin.

Menurutnya, tidak perlu ada deadline dari kader dalam menemukan pendamping. Apalagi dirinya selalu melaporkan ke internal PKS terkait progres komunikasi politik dengan kandidat yang berpeluang menjadi pendamping, maupun parpol yang berpotensi jadi mitra koalisi. Dan sejauh ini sudah ada kandidat yang mengerucut menjadi pendamping. Begitu juga dengan calon mitra koalisi. Tetapi perlu momen yang tetap untuk mengumumkan ke publik. “Memasang target itu bukan istilah tepat. Apalagi di PKS keputusan diambil berdasarkan hasil syuro,” ucapnya.

Diungkapkan, untuk Pilkada Loteng, PKS hanya punya opsi mengusung dirinya sebagai balon bupati. Oleh karena itu, langkah politiknya harus selalu seirama dengan partai. Sehingga tidak perlu deadline kepada kader internal. “Intinya, semua masih berproses. Jika belum waktunya ditetapkan, tentu tidak bisa dipaksakakan untuk ditetapkan,” ucapnya.

Sementara itu Bakal Calon Bupati dari PKS di Pilkada Sumbawa, Andi Tirta menyampaikan, lobi dan komunikasi politik sudah dilakukan dalam menemukan pendamping dan parpol yang berpeluang jadi mitra koalisi. Itu sebagai tindak lanjut hasil keputusan pemilu internal di PKS Sumbawa. Namun hingga batas deadline PKS pada Februari, dirinya belum bisa mengunci pasangan dan parpol yang berpeluang jadi mitra koalisi. “Saya belum bisa mengunci pasangan dan parpol,” tandas mantan Rektor UTS tersebut.

Namun ia memastikan siap dan tetap akan mengikuti proses pencalonan di Pilkada Sumbawa. Karena sejauh ini masih aktif berkomunikasi dengan PPP, Berkarya, PAN dan PKPI.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKS NTB Uhibbusa’adi mengungkapkan, pihaknya akan membicarakan kembali terkait deadline yang sudah habis tersebut guna menentukan langkah politik selanjutnya. “Nanti kita bahas dan bicarakan di internal partai,” pungkasnya. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid