Laku Pandai Dorong Perluasan Akses Keuangan di NTB

LAKU PANDAI: Kepala OJK NTB, Yusri, moderator dari Koran Sindo, Hatim Varaby, dan Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal, saat diskusi Laku Pandai di Mataram, Senin (23/1).

MATARAM—PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bersama Koran Sindo menggelar diskusi bertema “Laku Pandai, Akses Keuangan untuk Semua”, dengan menghadirkan sekitar 25 wartawan media lokal, Senin kemarin (23/1). Laku Pandai merupakan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2015.

Hadir sebagai pembicara Kepala Kantor OJK Provinsi NTB, Yusri, dan Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal. Berdasarkan survei tingkat literasi keuangan Indonesia yang dilakukan OJK pada 2013, jumlah masyarakat yang memiliki akses ke lembaga keuangan formal baru sebesar 21,8 persen. Laku Pandai merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi industri perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Kepala  OJK Provinsi NTB, Yusri, mengatakan, jangkauan layanan kantor perbankan selama ini masih sangat terbatas, yang hanya berada dan melayani di pusat perkotaan. Sementara masyarakat itu tidak hanya berada di pusat perkotaan, melainkan menyebar, dan bahkan cukup padat di pelosok pedesaan. Hanya, saja jangkauan lembaga perbankan masih sulit menjangkau masyarakat yang ada di pedesaan.

Karena itu, kata Yusri melihat persoalan yang mendasar terkait layanan industri keuangan di masyarakat pedesaan, kemudian OJK mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) yang nantinya bisa diakses secara merata oleh masyrakat di pelosok pedesaan.

Baca Juga :  MUI Dukung Industri Keuangan Syariah

“Laku Pandai ini perbankan tidak perlu membuka kantor, tapi cukup menunjuk agen yang bisa melayani masyarakat di pelosok pedesaan. Sehinggan Laku Pandai ini bisa mendongkrak inklusi keuangan bagi masyarakat di pelosok pedesaan,” kata Yusri.

[postingan number=3 tag=”ekonomi”]

Sementara itu,  Sales Management Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal mengatakan dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN mengagas BTPN Wow! sebuah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

“Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini. Fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, kami yakini menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai,” tutur Reza.

Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah.

Agen dapat berbentuk warung maupun agen penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas ke berbagai daerah terpencil. Nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi diantaranya mengirim uang, membeli pulsa, serta membayar tagihan listrik/air melalui telepon genggam. BTPN Wow! menggunakan teknologi USSD atau Unstructured Supplementary Services Data yang dapat beroperasi di segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) meskipun dengan sinyal minimum.

Baca Juga :  Tingkatkan Inklusi Keuangan, Perbankan Didorong Berinovasi

Target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

“Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia,” ujar Reza.

Untuk memperluas jangkauan ke masyarakat, BTPN Wow! terus melakukan ekspansi. Di antaranya melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya bekerjasama dengan Telkomsel mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama. Interkonektivitas kedua produk menjadikan layanan TCASH – BTPN Wow! Lebih  lengkap.

“Di BTPN Wow! nasabah dapat menabung setiap keping rupiah, karena kami percaya di balik setiap keping itu terdapat beragam cerita dan perjuangan. Perjuangan yang didasari kerja keras. Kerja keras yang didorong semangat. Semangat yang muncul dari keinginan memberikan yang terbaik bagi orang-orang terkasih,” ujar Reza. (luk)

Komentar Anda