Lagu Daerah Sumbawa Menjadi Lagu Senam Kreasi Indonesia

MATARAM–Kiprah Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) NTB terus bergerak memasyarakatkan olahraga dengan senam kreasi daerah dari sejak berdiri 12 Juli 2019 hingga sekarang. Di bawah nakhoda Hj Sri Yulianti, IOSKI NTB semakin berjaya di kancah nasional.

Ketua Umum IOSKI NTB Hj Sri Yulianti mengatakan  berbagai event senam kreasi dilaksanakan dari desa kecamatan kabupaten provinsi hingga juara di kancah nasional menjadi prestasi yang gemilang. Termasuk juga, ada beberapa event nasional IOSKI NTB adakan bersama Kemenpora RI dan IOSKI Pusat di NTB.

“Pada Fornas VI di Sumatera Selatan 1-7 Juli 2022 lagu Sumbawa akan menjadi salah satu lagu senam kreasi yang akan dilombakan yang akan dikuti oleh peserta seluruh Indonesia,” kata Sri Yulianti yang juga istri Gubernur NTB H Zulkieflimansyah ini, Jumat (29/4).

Hj Sri menjelaskan tentang lagu yang dibawakan yaitu Pio Ode-Ode, lagu Daerah Sumbawa Provinsi NTB. Lagu ciptaan Mus Biawan dengan vokalis Iyan Amir & Atiek ini mengisahkan tentang kehidupan burung yang kecil, hinggap di atas bambu kecil. Karena hinggapnya di atas bambu, ditanyakan apakah sang burung kecil tidak gatal, lalu dijawab saya bisa mandi.
Kamu gak kedinginan, saya bisa pake selimut. Gak adakah yang gigit, siapa yang gigit, digigit sama katuma/kuman dan si burung kecil akan menggigit balik si kuman. Ditanya apakah gak mual, kalo mual saya bisa makan kelapa campur gula.

Lagu ini lagu riang gembira dan ceria sehingga musiknya seperti musik lagi bermain main & bisa lebih semarak dgn Gerakan senam kreasi & lagu Pio Ode Ode adalah gambaran kehidupan masyarakat Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB yang riang gembira.

“Kami ucapkan terima kasih kepada IOSKI Nasional yang telah memberikan kesempatan kepada salah satu Senam Kreasi Daerah dari Kabupaten Sumbawa ke Tingkat Nasional menuju NTB Gemilang,” ungkapnya.

Ia berharap ini akan menjadi semangat untuk IOSKI Provinsi NTB mengikuti FORNAS VI 1-7 Juli di Palembang dengan membawa kontingen untuk berlomba di kategori grup dan perorangan.
Sehingga harapannya semakin banyak kontingen yang ikut serta membawa medali untuk NTB.

Karena sebelumnya Fornas V tahun 2019 di Samarinda IOSKI NTB mendapatkan medali perak pada lomba senam kreasi kategori perorangan putra yang diraih oleh Sekretaris Umum IOSKI NTB Mas Arul Zain.

“Kita minta juga Pemprov NTB untuk memberikan dukungan sebagai apresiasi kepada IOSKI NTB membawa nama Provinsi NTB ke tingkat Nasional,” harapnya. (luk)