Kwartir Pringgabaya Gelar LT II dan Raimuna

PEMBUKAAN: Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Timur, H Gufranuddin membuka kegiatan Lomba Tingkat (LT) II dan Raimuna tahun 2016 (Jalal/Radar Lombok)

SELONG–Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur (Lotim) menggelar  Lomba Tingkat (LT) II dan Raimuna tahun 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan SD-SMP Satu Atap (Satap)  1 Pringgabaya, Jum’at sampai dengan Minggu Jum’at (2/10).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Timur, H Gufranuddin. Terdapat sekitar 720 anggota gerakan Pramuka tingkat penegak dan penggalang yang ikut sebagai peserta.

Gufran dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi terhadap jajaran Mabiran dan Kwaran Kecamatan Pringgabaya patut diberikan setinggi-tingginya. Kegiatan ini sangat positif, baik yang bersifat kompetitif maupun non kompetitif.

Dikatakan, kegiatan tersebut berorientasi pada peningkatan kualitas sumber daya anggota gerakan Pramuka. Arena LT II dan Raimuna ini disebutnya sangat potensial menjadi sarana pengembangan wawasan dan keterampilan serta wahana pemberdayaan anggota gerakan Pramuka.

"Kegiatan ini diharapkan memberikan sumbangsih yang signifikan bagi tumbuhnya kecintaan dan rasa tanggung jawab anggota pramuka terhadap gerakan pramuka dengan cara membina diri serta berkompetisi,” harapnya.

Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pringgabaya, Salahudin SPd mengungkapkan, rangkaian kegiatan Pramuka dapat memberikan bekal pengalaman berharga kepada seluruh peserta. Tujuannya, guna meningkatkan daya responsif terhadap lingkungan. Sekaligus mengasah kearifan sosial dalam menyikapi tantangan kehidupan yang semakin komplek.

Karena itu, lanjut Salahudin, diperlukan kemampuan dan keterampilan kepramukaan yang paripurna. Keterampilan ini harus diimbangi dengan kemampuan menggalang kerjasama, jujur, santun, kritis dan berdaya juang tinggi serta bersikap sportif. (lal)