Kuota Haji NTB Tahun 2017 Bisa Berkurang

MATARAM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB, H Sulaiman Hamid menyampaikan, sampai saat ini kuota jamaah haji untuk NTB belum aman.

Pasalnya, di Arab Saudi masih dilakukan renovasi bangunan, sehingga ada kemungkinan kuota akan berkurang.Disampaikan, Kemenag NTB telah melakukan konfirmasi ke Kementerian Agama. Saat ini kuota untuk NTB masih belum diumumkan. “Tapi jawaban  sementara mereka, katanya bisa berkurang,” ungkapnya kepada Radar Lombok, Selasa kemarin (22/11).

Menurutnya, sangat kecil kemungkinan kuota jamaah haji bisa bertambah. Pasalnya, perbaikan pembangunan Masjidil Haram di Arab Saudi masih berlangsung.  Namun ia berharap kuota haji jangan sampai berkurang, lebih baik tetap seperti tahun ini sebanyak 3.596 orang.

Terkait dengan evaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2016, Sulaiman mengaku semua pihak sangat puas. Hal itu juga terungkap saat saat rapat evaluasi yang dilaksanakan di Jakarta pekan lalu. “Alhamdulillah, pelaksanaan haji tahun ini sangat bagus dan memuaskan semua pihak. Tahun depan kita akan terus berbenah lebih baik lagi,” katanya.

Terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2017, belum ada pembahasan serius. Termasuk soal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). “Belum ada pembahasan, kita sih tentu berharap biayanya bisa tetap atau bila perlu berkurang,” ujar Sulaiman.

Sementara itu, Kepala Bidang Urusan Haji dan Umroh Kemenag NTB, Maad Umar menyampaikan, masyarakat NTB memang sangat antusias untuk melaksanakan ibadah haji. Hal itu bisa dilihat dari daftar tunggu yang cukup panjang.

Apabila masyarakat mendaftar saat ini, maka harus menunggu tahun 2040 untuk bisa berangkat haji. Namun, apabila kuota bertambah tentunya bisa semakin cepat. “Tapi informasi sampai saat ini memang tidak ada penambahan, harapan kita tentu bisa bertambah,” kata Maad. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid