Kunker, Pejabat Luar Harus Menginap di Lotim

DISKUSI : Kegiatan Tourism Pentahelix Discussion dan Deklarasi Pariwisata Berkelanjutan Lotim bertempat di rumah dinas Sekda Lotim, Selasa (28/12). (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Selama ini pejabat-pejabat luar daerah atau pejabat pusat yang kunker ke Lotim tidak menginap di Lotim, melainkan menginap di hotel di Lombok Barat atau Mataram. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Lotim untuk membangkitkan sektor pariwisata, terutama agar para pejabat luar yang kunker ke Lotim menginap di hotel-hotel di Lotim.”Meski tidak populis dan bakal menuai pro kontra, namun kita akan mencoba untuk membuat surat edaran ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar pejabat dari pusat yang berkunjung ke Lotim menginap atau bermalam di daerah tempatnya berkunjung,” kata Sekda Lotim, HM. Juaini Taofik, dalam kegiatan Tourism Pentahelix Discussion dan Deklarasi Pariwisata Berkelanjutan Lotim  bertempat di rumah dinas Sekda Lotim, Selasa (28/12).

BACA JUGA :  Mantan Kades Banjar Sari Ditahan Kejaksaan

Ia menegaskan penginapan di Lotim juga tidak kalah dengan tempat lain. Lokasi juga lebih dekat dengan tujuan Kunker. “ Kita bisa siapkan penginapan di sejumlah tempat wisata seperti di Ekas, Tetebatu, Sembalun ataupun hotel di Kota Selong. Jarak ke kantor bupati tidak jauh kok,” tegasnya.

Meski demikian katanya, hal tersebut memang tidak bisa dipaksakan.  Tapi paling tidak ini sebagai salah satu upaya  membranding  pariwisata yang ada di Lotim.” Begitu pun  kalau ada kegiatan peningkatan kapasitas desa, kita dorong saja untuk menginap ditempat  kita,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Hasil RUPS-LB, Direksi PT Energi Selaparang Dirombak

Dalam upaya mewujudkan terobosan itu, diperlukan  dukungan semua pihak.  Dan itu semua tak lain untuk kepentingan daerah ini dalam memperkenalkan pariwisata. Kalau terobosan ini bisa berjalan , diyakini pariwisata Lotim dapat berkembang lebih pesat dan angka pengangguran berkurang. Sebab, kehadiran pejabat pusat akan memberi motivasi bagi daerah yang dikunjunginya terutama memperkenalkan keindahan wisatanya.” Sekarang kita juga mengupayakan bagaimana di Lotim nantinya ada hotel yang bermerek, baik di Sembalun maupun di Ekas. Kita tentu akan memberikan kemudahan dalam proses pengajuan izin,” tandasnya.(lie)