Kunjungan Wisatawan Malaysia dan Korea Selatan Meningkat

Wisatawan Mancanegara Mulai Serbu Lombok
WISMAN KOREA: Melalui skema charter flight menggunakan Masakapai Korean Air, para wisatawan mancanegara asal Korea Selatan kini mulai membanjiri Pulau Lombok untuk berwisata. Tampak para wisatawan Korea disambut di Bandara. (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke berkunjung ke Lombok untuk berlibur terus meningkat. Tak hanya wisatawan domestik yang meningkat, tapi para wisatawan mancanegara juga mulai menyerbu Lombok sebagai destinasi unggulan untuk mereka kunjungi.

Hal tersebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB yang mencatat kunjungan wisatawan ke Lombok di Bulan Agustus naik cukup signifikan. Turis asal Malaysia dan Korea Selatan menjadi wisatawan mancanegara yang jumlahnya terus meningkat setiap bulannya datang ke Lombok untuk liburan, menikmati keindahan alam, serta keunikan budaya dan keramahan penduduk di Provinsi NTB.

“Adanya penerbangan langsung Korea Selatan menuju Lombok cukup positif meningatkan kunjungan wisatawan ke Lombok,” kata Kepala BPS Provinsi NTB, Endang Tri Wahyuningsih, Selasa kemarin (3/10).

Endang menyebut, jumlah tamu menginap di bulan Juli sebanyak 71.311 orang. Sementara di bulan Agsutus naik menjadi 72.494 orang. Untuk rata-rata lama menginap di bulan Juli 2,04 naik menjadi 2,13 hari.

Artinya terjadi kenaikan 0,46 poin di bulan Agustus. Di bulan Juli dari 71.311 orang, jumlah tamu asing  yang berkunjung ke NTB mencapai 24,47 persen. Sementara di bulan Agustus jumlah tamu asing dari 72.494 orang ada sekitar 31,35 persen. Artinya terjadi peningkatan signifikan tamu asing berlibur ke lombok.