KUMKM Target 5.000 Wirausaha Baru

Zainul Islam (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi NTB terus berpacu menumbuhkan wirausaha baru sesuai target setiap tahunnya sebanyak 1.000 orang. Selama lima tahun sejak tahun 2014 hingga 2018 mendatang, Dinas KUMKM Provinsi NTB menargetkan penumbuhan 5.000 wirausaha baru (WUB).

Sekretaris Dinas KUMKM Provinsi NTB, H Zainul Islam mengatakan dalam program penumbuhan WUB sebanyak 5.000 orang selama lima tahun, tidak hanya fokus sama pelatihan dan pendampingan saja, melainkan lebih kepada peningkatan kualitas dari WUB tersebut. “Begitu selesai diberikan pelatihan, kita teruskan pendampingan sampai usaha yang dijalankan itu berkualitas,” kata Zainul Islam di Mataram, Rabu (31/8).

Zainul menyebut hingga saat ini Dinas KUMKM Provinsi NTB telah berhasil menumbuhkan 2.900 orang WUB yang tersebar di 10 kabupaten/kota se NTB. Penumbuhan WUB dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan yang diberikan dimana setiap angkatan sebanyak 30 orang. Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan dimana mereka merupakan usaha pemula, kemudian diberikan pendampingan hingga betul-betul mampu mejalankan usahanya dengan baik.

Petugas pendampingan dari WUB ini sudah direkrut oleh Kemenkop UKM RI untuk Provinsi NTB sebanyak 72 orang. Pendamping tersebut bertugas mendampingi WUB mulai dari manajemen usaha, produksi, hingga pemasaran. Bahkan mereka juga memfasilitasi WUB untuk mengakses permodalan di lembaga perbankan, jika usahanya sudah berkualitas dan layak dibiayai oleh perbankan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

“Pendampingan untuk meningatkan kualitas WUB sudah dimulai sejak bulan Mei 2016. Intinya kita ingin fokus pada peningkatan kualitas WUB, sehingga betul-betul UMKM ini kuat dalam membangun ekonomi NTB,” ujarnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut