KPU Terus Tingkatkan Kualitas SDM

PEMBUKAAN : Pemukulan Gendang belek sebagi tanda dibukanya Rakor penguatan SDM KPU untuk peningkatan kualitas penyelnggara Pemilu oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro didampingi Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori (Yan/Radar Lombok)

MATARAM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya membenahi dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bertujuan untuk mendorong dan peningkatan kualitas penyelenggaran pemilu dan kehidupan berdemokrasi di tanah air.

Demikian disampaikan Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro dalam pembukaan rapat koordinasi (Rakor) Bidang Kepegawaian/SDM di lingkngan KPU dan KPU Provinsi Seluruh Indonesia Tahun 2017, Rabu malam (15/3), di Hotel Lombok Raya Mataram.

“Salah satu fokus kerja KPU adalah mendorong dan meningkatkan kualitas SDM.” katanya.

Rakor tersebut akan berlangsung dari tanggal 15 – 17 Maret, pembukaan rakor ditandai dengan pemukulan gendang belek yang dilakukan oleh Ketua  KPU RI Juri Ardiantoro didampingi Ketua KPU NTB Aksar Ansori. Peserta rapat koordinasi bidang kepegawaian/SDM ini diikuti oleh 34 provinsi, anggota KPU RI, anggota KPU Provinsi Divisi SDM, Sekretaris KPU Provnisi, dan Kabag/Kasubag SDM KPU Provinsi.

Ia mengatakan dalam melaksanakan pemuli KPU harus menjadi institusi yang paling penting dalam memperkuat demokrasi pemerintahan. KPU adalah  lembaga yang bersifat netral dan profesional dalam pemilu, dan harus terbebas dari ada intervensi politik.

[postingan number=3 tag=”kpu”]

Sebab itu, dengan adanya rakor nasional “penguatan SDM KPU untuk peningkatan kualitas penyelnggara KPU” mampu meningkatan kualitas penyelenggaraan Pemilu. Sehingga SDM KPU dalam menghadapi Pemilu akan semakin baik dan profesional.

“Dengan demikian lembaga KPU kedepannya akan menjadi lembaga yang memiliki SDM yang handal terkait penyelenggaraan Pemilu,” imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan Rakor tersebut ia bertekad akan mengimplementasikan hasil rakor terutama dalam meningkatkan SDM khususnya di KPU Provinsi beserta KPU Kabupaten/kota. “Ini adalah sebagi bentuk implementasi hasil Rakor, serta sebagai tindak lanjut realisasi rakor SDM, sangat perlu pengendalian organisasi dengan peningkatan SDM kesekretariatan baik di KPU provinsi maupun di KPU kabupaten/kota,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Anshori, mengungkapkan, tujuan utamanya antara lain konsolidasi program kerja dan peningkatan kinerja bidang Kepegawaian, membahas permasalahan dan solusi bidang kepegawaian, serta memperkuat pemahaman dan networking Pengelolaan & meningkatkan integritas pegawai KPU, dan yang tidak kalah penting adalah deseminasi peraturan dan kebijakan kepegawaian KPU,” kata Aksar

Ia berharap KPU bisa tertata dengan baik bisa melayani dengan baik dengan tetap mengedepankan independensi serta KPU bisa menjadi seperti perusahaan swasta yang memiliki pengelolaan lingkungan kerja yang baik sehingga masing-masing satker dapat bekerja secara profesional dalam koridor masing-masing.

“Kami ingin KPU bisa seperti perusahaan-perusahaan bonafid yang memiliki pengelolaan lingkungan kerja yang baik,” lukasnya.

Dalam kesempatan tersebut dalam pembukan rakor , KPU RI memberika  Pengharagaan kepada 8 orang anggota KPU terbaik Kategori bidang kepegawaian.(yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid