Korem Naik Tipe A, Dipimpin Jenderal Bintang Satu

Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani,S.Sos,SH,M.Han (Ist//)
Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani,S.Sos,SH,M.Han (Ist//)
Advertisement

MATARAM – Status Komando Resor Militer (Korem) 162/Wirabhakti resmi naik status menjadi tipe “A”.

Kenaikan tipe ini atas berbagai pertimbangan baik dari segi pengembangan organisasi serta dihadapkan dengan kondisi semakin Kompleksnya tantangan tugas yang dihadapi serta pekembangan wilayah NTB. Sebelumnya, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Korem dari Tipe B ke Tipe A ditandatangani Presiden RI tanggal 11 September 2019 lalu dan diserahkan ke Mabes TNI. Hal tersebut disampaikan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, melalui Kapenrem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos, lewat rilisnya, Selasa (9/6/2020).

Selain itu, Kapenrem menjelaskan, peningkatan tipe sejumlah Korem dan Kodim dilakukan berdasarkan Perpres Nomor 62/2016 tentang Susunan Organisasi TNI. Dalam Perpres ini sudah disebutkan jabatan-jabatan, seperti Komandan Korem, dimana Korem tipe “B” akan dinaikkan statusnya menjadi Korem tipe “A”. Restrukturisasi TNI ini akan tetap menjaga piramida struktural, termasuk terhadap kemungkinan penambahan jabatan fungsional.
Hari ini, lanjut Kapenrem, sesuai tradisi yang berlaku di lingkungan TNI, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima laporan pelaksanaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi 84 perwira tinggi ( Pati) TNI terdiri dari 74 Pati TNI AD termasuk diantaranya Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H. M.Han, tiga Pati TNI AL dan tujuh Pati TNI AU, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. ” Pelaksanaan kenaikan pangkat 84 orang Pati TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1054/VI/2020 tanggal 3 Juni 2020. Tradisi laporan ini dikenal dengan istilah Laporan Korp Kenaikan Pangkat Pati TNI,” jelas Kapenrem.

Dengan demikian, Korem 162/WB resmi dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Brigjen TNI atas dasar validasi organisasi. “Pejabat Danrem 162/WB saat sekarang Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos. SH. M.Han, masih menjadi pejabat Korem 162/WB yang sebelumnya masih berpangkat pamen Kolonel,” pungkas Kapenrem.
Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdahani mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) terkait peningkatan tipe Korem 162/WB menjadi tipe “A” serta dengan diresmikan dan dilantik tentunya harapan pimpinan agar dalam melaksanakan tugas harus lebih baik serta lebih maksimal lagi sehingga bernilai lebih dari sebelumnya. Hal ini menjadi atensi sekaligus tantangan bagi dirinya selaku pejabat untuk memberikan yang terbaik kepada satuan, masyarakat, bangsa dan negara tercinta dalam melanjutkan Pengabdian di Korem 162/WB. “Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan kerja sama selama ini dan berharap dukungan doa, kerjasamanya baik dari seluruh keluarga besar Korem 162/WB juga seluruh lapisan masyarakat NTB, senantiasa dapat terus membantu dalam jalinan kerja sama untuk dapat kita tingkatkan lebih baik lagi dihari-hari kedepan,” ungkap Danrem.
Terkait perubahan struktur organisasi di tubuh Korem menjadi tipe “A”, Danrem menjelaskan Korem akan meyesuaikan kepangkatan, kebutuhan personel dan persenjataan. “Yang jelas peningkatan status Korem 162/WB sudah resmi dijabat oleh seorang perwira tinggi berpangkat bintang satu atau Brigjen dan beberapa jabatan Kasi Korem akan dijabat pamen berpangkat Kolonel. Kalau untuk penambahan jumlah personel nanti itu secara teknis dibahas lagi,” tandas Danrem.

“Semoga Korem 162/WB dapat lebih meningkatkan pengabdian, kepada masyarakat bangsa dan negara serta tetap menjadi Prajurit Wira Bhakti Yang Mencintai, Dicintai dan dibanggakan Rakyat,”tambah pria kelahiran Jakarta itu.

Terakhir, Dahlan menyampaikan, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos,SH, M.Han, mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT karena semua ini adalah karunia sekaligus amanah dari Allah SWT serta ucapan terimakasih atas dukungan kepada keluarga besar Korem 162/WB serta jajaran, rekan Forkopimda, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, masyarakat NTB dan rekan-rekan insan pers serta semua pihak yang tidak dapat disebut satu persatu. “Semua yang kami dapatkan tidak lepas dari adanya dukungan serta kerja sama yang baik selama ini, sehingga Korem 162/WB diberi kepercayaan dinaikkan tipe menjadi tipe “A” dan kami mendapat amanah kembali menjabat Danrem dengan pangkat Brigjen TNI. Semoga ini menjadi semangat bagi kami dan Jajaran Korem 162/WB untuk dapat meningkatkan kinerja dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta dalam menghadapi tugas dihari-hari mendatang,” katanya.(der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid