Kontrak Tuntas, Taman Rinjani Belum Dikerjakan

Kontrak Tuntas, Taman Rinjani Belum Dikerjakan
TAMAN RINJANI: Meski kontrak pengerjaan renovasi Taman Rinjani Selong sudah ditandatangani, namun pengerjaan taman ini belum juga mulai dilakukan. (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Meskipun kontrak pengerjaan renovasi Taman Rinjani sepenuhnya telah ditandatangani dengan pihak rekanan yang memenangkan proyek. Namun hingga kini belum terlihat ada aktifitas pengerjaan yang dilakukan oleh pihak kontraktor.

Penandatanganan kontrak sendiri telah dilakukan sejak beberapa hari lalu . Sementara anggaran pengerjaan nilainya mencapai Rp 1,9 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi proyek pengerjaan berbagai fasilitas dan penataan Taman Rinjani. “Kontraknya sudah ditandatangani. Sebenarnya hari ini mereka sudah bisa mulai bekerja,” ujar Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Lotim, Mulki, Kamis kemarin (24/8).

Senada, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang juga Kasubag Umum Kepegawaian LHK Lotim, Makripatullah, juga mengatakan bahwa kontrak renovasi Taman Rinjani Selong telah ditandatangani, dan tinggal masuk tahap pengerjaan saja.

Pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut adalah PT Bangun Persada Spesialis. Perusahaan ini berasal dari Makasar. “Yang jelas banyak perubahan yang akan dibangun. Taman akan dirombak total,” terangnya.

Setelah penandatangan kontrak, diupayakan pengerjaan bisa segera mulai dilakukan. Dan pihak perusahaan kini sedang melakukan persiapan sebelum mulai pengerjaan. Diantaranya akan memasang pagar dengan menggunakan seng yang akan mengelilingi taman. “Sudah kita panggil. Katanya akan memasang incleaningnya dulu (pagar seng, red). Minggu ini pengerjaan mungkin sudah mulai,” lanjut dia.

Dikatakan, kontrak renovasi Taman Rinjani Selong ini akan tuntas sampai dengan Desember 2017 mendatang. Karenanya, pengerjaan pun ditargetkan tuntas sebelum akhir tahun. “Harus tuntas tahun ini,” lanjutnya.

Lebih jauh disampaikan, dengan anggaran pengerjaan Rp 4,9 miliar, akan dibangun sejumlah fasilitas. Dimana wajah Taman Rinjani akan dirombak total. Sejumlah fasilitas yang akan dibangun itu, diantaranya air mancur, toilet, jogging track, penataan lapak dan sejumlah fasilitas lainnya. “Semua akan kita rombak,” terang dia.

Selain itu, sejumlah Pedagang Kali Lima (PKL) yang biasa berjualan di depan taman dipastikan akan direlokasi. Para PKL sebelumnya telah diberikan sosialiasi oleh pihak LHK, terkait dengan relokasi. Dan mereka menerima untuk direlokasi. “Mereka akan kita relokasi ke samping BRI,” tutupnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid