Kontestan Putri Mandalika Diharapkan Jadi Duta Pariwisata

Kontestan Putri Mandalika
DIBINA: Para peserta Putri Mandalika 2018 saat mendapat pembinaan oleh para narasumber di hotel D-Max, Rabu kemarin (21/2). (M. HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA — Seleksi pemilihan Putri Mandalika 2018 Kabupaten Lombok Tengah sudah dilaksanakan, belum lama ini. Dari sekitar 270 peserta yang sudah mengikuti seleksi, hingga saat ini yang dinyatakan lolos hanya 25 orang. “Pembukaan dan pembekalan Putri Mandalika 2018 merupakan rangkaian bulan pesona bau nyale yang sudah kita mulai dari kemarin,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Lombok Tengah, H Lalu Putria kepada Radar Lombok usai membuka kegiatan, Rabu kemarin (21/2).

Lewat pemilihan Putri Mandalika, lanjutnya, sebagai wadah untuk menyeleksi para pelajar berprestasi yang akan dijadikan duta pariwisata. Dalam seleksi itu, para pelajar ini akan dilihat tingkat pemahamannya terkait adat budaya. Ini penting lantaran pihaknya tidak ingin para pelajar tergerus budaya oleh para wisatawan yang datang dari berbagai negara.

Pihaknya juga membantah jika para Putri Mandalika hanya sebagai penyambut tamu. Karena sudah banyak Putri Mandalika yang bekerja diberbagaitempatsepertididimaskapaidan akan menjadi orang yang mempromosikan wisata ke berbagai daerah.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Teruna Dedare Lombok Tengah Ahmad Rifani menjelaskan, para peserta yang mendapatkan pembekalan merupakan peserta yang lulus seleksi yang dilakukan di tingkat Madrasyah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) yang ada di Lombok Tengah. “Seleksi sudah kita lakukan dengan melakukan roadshow di masingmasing kecamatan. Para peserta yang mendapat juara dalam kompetisi itu akan bisa menjadi duta pariwisata dan budaya di Lombok Tengah. Nantinya juri menilai para peserta dari penampilan panggung, memiliki wawasan tentan pariwisata dan budaya serta memiliki tinggi minimal 163 cm. Dari 25 orang ini akan menjadi 15 orang yang akan kita undi di 3 Maret mendatang,” jelasnya.

Diakuinya, untuk tahun 2018 ini pihaknya tidak hanya melakukan seleksi di tingkat sekolah negeri. Akan tetapi panitia sudah melakukan seleksi juga di sekolah swasta. “Semua bisa berkontribusi demi memajukan pariwisata dan budaya kita yang saat ini terusberkembang,” jelasnya.(cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut