Kontes Durian di Sesaot Lombok Barat Berlangsung Meriah

kontes durian
DURIAN: Kontes Durian di Desa Sesaot berlangsung meriah.

GIRI MENANG – Kontes durian yang berlangsung di parkiran Taman Wisata Sesaot Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Sabtu (3/3) meriah dan ramai pengunjung.

Kontes ini digelar Yayasan Durian Nusantara bersama Dinas Pertanian Lombok Barat serta Pemerintah Desa Sesaot. “Kontes durian ini yang kedua kalinya, yang pertama pada tahun 2017 dan sekarang tahun 2018 kembali digelar. Alhamdulillah tahun ini sudah bertambah pesertanya sekitar 67,” ungkap Reza dari perwakilan Yayasan Durian Nusantara.

Lobar khususnya Sesaot memang penghasil durian, dan menjadi salah satu pilihan lokasi digelar. Kontes ini sebenarnya tidak hanya digelar di Lobar saja, namun juga digelar di berbagai daerah penghasil durian di Indonesia.

Durian lokal yang memenangkan kontes ini akan menjadi produk unggulan. Bibit juara akan diperbanyak dan dibudidayakan untuk selanjutnya menjadi produk yang akan dipasarkan hingga keluar daerah. Selain menerima hadiah uang tunai, bibit sang juara juga akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian untuk disebar ke seluruh daerah di nusantara. Bisa jadi buah yang mendapat piagam ini harganya bisa tiga kali lipat dari sebelumnya. “Makanya, salah satu syaratnya juga sebelum dinyatakan sebagai juara harus ada ditunjukan pohonnya. Jadi bukan dibeli dari pasar. Karena nanti pohonnya akan dikembangbiakkan di lokasi induknya itu ada,” jelas Reza.

Kontes Durian

Kontes durian yang digelar untuk kedua kalinya di wilayah Sesaot ini mendapat apresiasi dari pihak pemerintah desa setempat. Terbukti dari meningkatnya jumlah peserta dari 30 menjadi 67 peserta dengan berbagai jenis durian yang ditampilkan. “Ini menunjukkan berbagai potensi pertanian yang ada di wilayah Lombok Barat khususnya di Kecamatan Narmada sehingga sangat bagus untuk dikembangkan ke depanya. Ini juga menjadi ajang silahturahmi dan pertemuan dari para pemilik dan penjual durian,” kata Kepala Desa Sesaot, Yuni Hari Seni.

Dukungan juga diberikan oleh Dinas Pertanian Lobar. Kepala Dinas Pertanian Lobar H. Muhur Zohri mengatakan, melalui kontes ini durian Lobar dapat diperkenalkan ke seluruh nusantara nantinya. Pihaknya pun beharap durian Lobar ini dapat menjadi juara di tingkat nasional. “Dan juga mudahan bisa kita daftarkan di Kementerian Pertanian untuk dilepas sebagai varietas unggulan nasional di Republik Indonesia,” harap Muhur. (zul)