Kondisi Memprihatinkan, Butuh Sentuhan

Siswa-siswi SMKN 4 Mataram menggelar kegiatan bakti sosial di asrama YPTN Selagalas. Kondisi asrama cukup memprihatikan. Kondisi asrama yang tidak nyaman belum menjadi perhatian Pemerintah Kota Mataram.

 


SUDIRMAN-MATARAM


 

Begitu masuk asrama, bau tidak sedap langsung tercium. Beberapa penyandang mengakui kondisi asrama mereka buruk dan membutuhkan sentuhan.

Beruntung ada kegiatan bakti sosial oleh para pelajar SMKN 4 Mataram. Satu per satu tempat tidur dikeluarkan dan dibersihkan.

Di asrama ini, satu kamar diisi hingga enam penyandang. Tempat tidur banyak yang reot, apalagi ditambah dengan kamar yang kotor. Para penghuni selama ini hanya bisa membersihkan dengan alat seadanya. “Banyak penghuni yang terjangkit gatal-gatal karena kuman,” kata salah seorang penyandang disabilitas yang juga penghuni asrama, Taufan.

Ia mengakui kondisi ini sudah bertahun-tahun dialami. Yang paling parah itu jika musim hujan. Ada kamar yang atapnya bocor. Terpaksa mereka pindah ke kamar yang tidak bocor. Sampai saat ini belum ada bantuan perbaikan gedung.

Selain itu, fasilitas penunjang belajar mereka masih jauh dari kata memadai. Padahal prestasi mereka tidak jauh berbeda dengan siswa normal. Beberapa prestasi di tingkat nasional disandang oleh siswa YPTN Selagalas.

Taufan berharap ada perhatian Pemkot soal ini. “ Kita harapkan ada perhatian serius apalagi kami selalu berprestasi selama ini,” ungkapnya.

Kepala SMKN 4 Mataram, Zumri, mengatakan, kegiatan bakti sosial siswa-siswinya adalah dalam rangka menumbuhkan rasa simpati antar sesama. “ Mereka serba kekurangan, kita terharu. Kita harapkan ada perhatian baik dari pemerintah maupun warga,” ungkapnya.

Selain membersihkan tempat tidur, siswa juga memberikan pakaian yang layak serta kebutuhan lainnya.(*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid