Komnas HAM Tunggu Aduan Dugaan Gubernur Eksploitasi Anak

Beka Ulung Hapsara (DOK )

MATARAM – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) merespons adanya rencana aduan terkait dugaan pelanggaran eksploitasi anak dalam video promosi gelaran kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota 2022 yang menampilkan salah seorang anak.

Video berberdurasi sekitar 4.30 menit itu, tampak Gubernur NTB Zulkifliemansyah menggandeng seorang joki pacuan kuda yang menggunakan perlengkapan seadanya. Hal ini lantas mendapatkan kecaman dari Koalisi Stop Joki Anak NTB yang akan melaporkan Gubernur kepada Komnas HAM atas dugaan eksploitasi.

Merespons rencana tersebut, Komisioner Komnas HAM RI, Beka Ulung Hapsara mengatakan, bahwa pihaknya tentu akan menunggu aduan atas hal tersebut untuk dapat ditindaklanjuti. “Kami menunggu aduan yang masuk dan akan mempelajari aduan tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA :  Gubernur Bakal Dilaporkan ke Komnas HAM

Ditanya soal pandangan Komnas HAM atas kasus dugaan eksploitasi anak dalam mempromosikan gelaran MXGP Samota, Bake sapaan akrabnya belum dapat berkomentar banyak. Karena pihaknya belum menerima materi aduan. “Saya nggak bisa komentar sebelum terima materi aduannya,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Koalisi Stop Joki Anak NTB, Yan Mangandar mengecam Gubernur NTB yang menampilkan joki anak menunggangi kuda dengan perlengkapan seadanya. Itu sama persis dengan kondisi anak yang ada di pacuan kuda. Karena itu, Koalisi Stop Joki Anak NTB akan melaporkan Gubernur Zulkieflimansyah ke Komnas HAM.

BACA JUGA :  Terancam Dilaporkan ke Komnas HAM, Gubernur Anggap Biasa Saja

Selain itu juga akan dilaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (Kementerian PPA). “Dalam waktu dekat kami layangkan laporan, saat ini masih dalam proses. Melaporkan Gubernur ini juga bukan hanya saya, tapi saya juga akan berupaya meminta masyarakat NTB baik secara pribadi maupun organisasi untuk mau melaporkan Gubernur NTB, karena ini terkait kemanusiaan,” katanya. (sal/yan)