Kodim 1606/Lobar Berubah Menjadi Kodim 1606/Mataram

MATARAM–Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Lombok Barat (Lobar) resmi berganti nama menjadi Kodim 1606/ Mataram.

Perubahan nama tersebut  sesuai dengan Surat Perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Nomor Sprint : 1754/V/2021 tanggal 10 Mei 2021 tentang pengesahan penataan satuan atau pergantian nama satuan. Nama Kodim 1605/ Mataram resmi berlaku sejak Jumat (18/6). “Pergantian nama Kodim 1606 Lobar jadi Kodim 1606 Mataram resmi berlaku mulai hari ini,” ucap Danrem 162 WB, Brigjen TNI Achmad Rizal Ramdhani.

Tidak hanya Kodim 1606 saja tetapi kodim seluruh Indonesia juga mulai sekarang akan menggunakan nama wilayah masing-masing. Khusus untuk NTB, pergantian nama ini akan diikuti dengan pembentukan Kodim di wilayah Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat. Tetapi yang baru ada kepastian yaitu Kodim di wilayah Kabupaten Lombok Utara. “Seharusnya, Kodim Lombok Utara akan mulai dibangun pada tahun 2021, namun karena terkendala anggaran dan situasi covid-19 pembangunannya ditunda,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemkot Nunggak Kerugian Negara Rp 700 Juta

Untuk Kodim di Kabupaten Lombok  Barat juga sudah masuk dalam perencanaan. Tinggal menunggu jawaban dari Markas Besar TNI  Angkatan Darat.

Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan menambahkan bahwa perubahan nama usai melalui proses yang  cukup panjang. Untuk itulah  guna mengabadikan momen bersejarah pergantian nama Kodim 1606/Lombok barat menjadi Kodim 1606/Mataram digelar pameran yang akan menyajikan dokumen sejarah  berdirinya Kodim berupa foto-foto landmark, peristiwa maupun momen bersejarah lainnya serta pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI baik dari masa penjajahan hingga yang digunakan saat ini oleh Kodim 1606/Mataram. “Selain pameran foto maupun alutsista, kami juga menggelar parade kendaraan yang pernah digunakan baik oleh TNI maupun oleh pihak Belanda dan masyarakat umum di antaranya mobil Willys, delman/dokar, sepeda onthel dari berbagai versi dari sepeda onthel yang digunakan oleh masyarakat umum hingga anak-anak,” jelasnya.

BACA JUGA :  Wagub Datangi Mapolres Mataram

Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyambut baik perubahan nama ini. Perubahan nama yang menjadi bagian dari cerita dan sejarah Kota Mataram, semenjak Kodim 1606/Lobar berdiri pada tahun 24 Desember 1984 (37 Tahun).

Mohan menuturkan dengan perubahan ini masyarakat Kota Mataram merasa semakin bangga dengan tanpa menepikan kabupaten lain yang menjadi bagian dari tanggung jawab Kodim 1606/Mataram.

Lebih lanjut Wali Kota berharap dengan perubahan nama ini akan memperkuat sinergitas TNI AD dengan Pemerintah Kota Mataram, termasuk pemerintah kabupaten yang lain bersama Kodim 1606/Mataram dengan tetap melaksankan fungsi pembinaan teritorial, tugas kemasyarakatan, dan pembangunan wilayah di setiap daerah. Hal ini penting sebagai upaya dalam menyelesaikan masalah secara kolektif bersama pemerintah kabupaten/ kota maupun bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terlebih dengan situasi permasalahan sosial kemasyarakatan yang ada saat ini. (der)