KNPI Gelar Festival Seni Budaya Lokal

PRAYA-Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Lombok Tengah menggelar Festival Kearifan Seni dan Budaya Lokal.

Festival ini dibuka Staf Ahli Setda Lombok Tengah, Mulyanto mewakili Bupati HM Suhaili FT di Bencingah Agung Adiguna Alun-Alun Tastura Praya, kemarin (19/8). Festival ini sekaligus mendapatkan apresiasi Pemkab Lombok Tengah. Karena festival ini merupakan salah satu langkah nyata pemuda mempertahankan kearifan seni dan budaya lokal. “Kami atas nama masyarakat Lombok Tengah sangat terbantu dengan festival ini. Lebihnya lagi KNPI bisa menggandeng organisasi Kanak Lombok Surabaya,” puji Mulyanto.

Dikatakan, upaya pelestarian seni dan budaya lokal merupakan tanggung jawab bersama untuk terus dikembangkan. Pemerintah mengharapkan dengan penyelenggaraan festival ini, masyarakat Lombok Tengah dapat lebih mengapresiasi kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah.

Lebihnya lagi, Lombok Tengah saat ini semakin mantap memposisikan diri sebagai kabupaten destinisasi wisata. Sehingga pelestarian kesenian dan kebuadayaan menjadi suatu hal terpenting yang mampu mengingkatkan daya tarik wisatawan tentunya. Sebab, di era globalisasi ini pelestarian budaya dan seni lokal sudah mulai mundur. ‘’Dengan jalan ini juga di harapkan mampu menggugah para pemuda untuk terus berbenah,’’ imbuhnya.

Sementara Ketua KNPI Lombok Tengah, M Samsul Qomar menyebutkan, pelaksanaan ini merupakan bukti nyata KNPI betul-betul ingin berbuat yang terbaik bagi daerah. Terutama dalam hal mempertahankan kearifan seni dan budaya lokal. Dalam festival ini, KNPI telah menggalang kerjasama dengan Organisasi Kanak Lombok Surabaya. Di mana mereka yang tergabung dalam organisasi ini, saat ini sedang menempuh pendidikan di Surabaya.

Diharapkan nantinya, kebudayaan daerah bukan hanya tersebar di dalam daerah sendiri, namun mereka bisa kembangkan di luar, khususnya di Surabaya. “Insya Allah bersama pemuda semua bisa jadi nyata, sebab kami yakin kalau pemuda memiliki mental dan perjuangan yang tinggi dalam mempertahankan budaya lokal kita,” ungkapnya.

Implementasi dari kegiatan ini lanjutnya, kedepan pihaknya akan terus membangun kerjasama di bidang lain. Sehingga nantinya program yang dikembangkan KNPI mampu dipersembahkan bagi daerah. Bisa dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat banyak.

Dalam festival ini, sejumlah karya seni lukis dan fotografi dipamerkan, termasuk sejumlah gendang beleq juga ditampilkan. Sehingga membuat jalannya festifal semakin meriah. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid