KLU Tampilkan Masjid Kuno Bayan

MATARAM-Ribuan masyarakat Mataram dan daerah sekitarnya tumpah ruah memadati Kawasan Jalan Pejanggik Kota Mataram, Jumat (29/7).

Mereka hadir untuk menyaksikan Pawai Taaruf yang digelar sehari menjelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 di Mataram. Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) pun ikut memeriahkan pawai dengan menampilkan miniatur Masjid Kuno Bayan, yang cukup banyak mendapatkan perhatian masyarakat. Hadir langsung dalam kesempatan ini Bupati KLU, DR. Najmul Akhyar, SH.,MH.

Koordinator Pawai Taaruf MTQ Nasional Ke-26, Lalu Dirjaharta mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai media membangun silaturahim serta menjaga kearifan lokal dengan semangat Al-Quran. “Pawai Taaruf adalah ajang perkenalan, persahabatan dan media silaturahmi antar sesama manusia,” ujar pria yang juga menjabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja NTB ini.

Selain pawai kendaraan hias perwakilan kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia dan kabupaten/kota se-NTB, pawai ini dimeriahkan sekitar 3.000 peserta yang berjalan kaki. Pawai ini juga dimeriahkan grup marching band dari berbagai sekolah di NTB.

Namun sangat disayangkan, KLU sendiri tidak menjadi lokasi pelaksanaan satu pun lomba dalam MTQ ini. Ada 11 lokasi pelaksanaan lomba dan kebanyakan di Mataram, kemudian Lombok Barat (Lobar) dan Lombok Tengah. Berikut 11 lokasi tersebut, Islamic Center NTB untuk cabang tilawah Alquran Qira’at Sab’ah dan golongan dewasa, Aula Rinjani BKD dan Diklat NTB untuk cabang tilawah Alquran golongan tartil dan tuna netra, MAN 2 Mataram untuk cabang Syahril Alquran, Gedung Irigasi Pengairan PU NTB untuk cabang Musabaqah menulis ilmiah Alquran, Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB untuk cabang tafsir Alquran bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Aula Bank Indonesia Perwakilan NTB untuk cabang Fahmil Alquran, Taman Budaya Mataram untuk Cabang Hifzh Alquran golongan 30 jus dan tafsir Alquran bahasa arab, Gedung Graha Bakti Praja NTB untuk cabang Khath Alquran, Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat untuk cabang hifzh Al-Qur’an golongan 1 jus tilawah dan 5 jus tilawah, Ponpes Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari Lobar untuk cabang hifzh Alquran golongan 10 juz dan 20 juz, Masjid Agung Praya untuk cabang tilawatil Alquran golongan anak-anak dan remaja. (zul)

BACA JUGA :  PNS Kota Tarakan Siap Renang dari Trawangan-Bangsal