KLU akan Tambah Lumbung Pangan

TANJUNG–Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP4K) Lombok Utara, Nurtha Dharma Sucaka mengaku, akan menambah 7 lumbung pangan tahun ini.

Jelasnya, ketujuh lumbung pangan ini akan menelan anggaran Rp 820 juta bersumber dari APBD tahun 2016. “Tujuh lumbung pangan yang akan dibangun telah mendapatkan kepastian dan lokasi pembangunannya tersebar di semua kecamatan di Lombok Utara,” terangnya di ruangnya, Senin (24/10).

Dipaparkan Sukaca, jumlah lumbung pangan Lombok Utara saat ini sebanyak 19 unit. Jika ditambah 7 unit lagi, maka totalnya 26 unit. Tetapi, jumlah masih kurang sehingga diinisiatifkan untuk penambahan tahun depan juga. Kekurangan ini juga sebenarnya bisa dilakukan pemerintahan desa dengan mengalokasikan dana desa. “Saya kira itu langkah baik untuk menutupi kekurangan tersebut,” tandasnya.

Pembangunan lumbung pangan jelasnya, bukan diusulkan dari pihak pemerintahan desa. Akan tetapi yang mengajukan proposal adalah kelompok tani. Proposal yang diajukan ke pihaknya selanjutnya akan diverifikasi, apakah layak atau tidak dibangunkan lumbung pangan. “Kelompok akan mendapatkan lumbung pangan setelah dianggap mampu dan ketersediaan kelompoknya yang memiliki badan hukum,” tandasnya.

Dengan ketersediaan lumbung pangan, katanya, sangat membantu masyarakat sesama kelompoknya. Diumpakan, ketika satu kelompok tidak memiliki beras maka anggota kelompok itu bisa diberikan pinjaman dengan perjanjian harus diganti pada saat panen mendatang. Selain itu, adanya lumbung pangan maka Lombok Utara tidak akan kekurangan sandang pangan sebagai kebutuhan pokok masyarakat. “Ketersediaan lumbung pangan sangat membantu anggota kelompok. Makanya, kita berharap terus ditambah,” harapnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid