KLH-FKH Kampanyekan Lingkungan Bersih

PRAYA-Kantor Lingkungan Hidup (KLH) bersama Forum Komunitas Hijau (FKH) Kantor Lombok Tengah kembali mengkampanyekan lingkungan bersih di Kantor Lurah Prapen Kecamatan Praya, kemarin (25/8).

Dalam sosialisasi dampak sampah terhadap lingkungan ini, dihadiri langsung narasumber dari KLH dan Pembina FKH Lombok Tengah, H Muhammad Ikrom. Sosialisasi ini juga menghadirkan kalangan pelajar sebagai peserta selain masyaraka umum. Pengurus FKH Lombok Tengah, Muktasid menjelaskan tujuan sosialisasi ini bukan hanya dilaksanakan di Prapen. Di beberapa tempat lain juga pernah dikampanyekan.

Kata dia, konsep di Prapen dalam kegiatan ini agar warga tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi membuang sampah ke sungai. Begitu juga peran para pihak sekolah kepada siswanya, agar bersama-sama menjaga kebersihan. Termasuk paling penting, sekolah dijadikan ruang terbukau hijau. “Paling penting, jangan baung sampah sembarangan,” katanya.

Kata dia, jika saat ini sudah dilakukan bersih-bersih, maka secara otomatis warga tidak akan buang sampah sembarangan. Termasuk jika warga sudah kompak tidak buang sampah ke sungai dan selokalan. “Ini pempes, plastik cilok bahkan pembalut juga dibuang ke sungai,” ungkapnya.

Dari kegiatan dilaksanakan ini, FKH berharap agar masyarakat sadar. Rubah pola berpikir bengan cara hidup sehat. “Kami harap masyarakat jadi agen perubahan,” harapnya.

Ditambahkan narsumber HM Ikrom, prilaku hidup bersih untuk tidak membuang sampah sembarang harus dilakukan sejak dini. ‘’Sehingga motivasi menjadi masyarakat bersih dengan lingkungan bersih bisa diwujudkan,’’ katanya. (dal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid